ANALISIS DOSIS BORON NEUTRON CAPTURE THERAPY (BNCT) PADA KANKER OTAK (GLIOBLASTOMA MULTIFORM) MENGGUNAKAN MCNPX-CODE DENGAN SUMBER NEUTRON DARI KOLIMATOR KOLOM TERMAL REAKTOR NUKLIR KARTINI

Nur Mahmud, Kholidah Hasyim and Sardjono, Yosaphat Sumardi (2017) ANALISIS DOSIS BORON NEUTRON CAPTURE THERAPY (BNCT) PADA KANKER OTAK (GLIOBLASTOMA MULTIFORM) MENGGUNAKAN MCNPX-CODE DENGAN SUMBER NEUTRON DARI KOLIMATOR KOLOM TERMAL REAKTOR NUKLIR KARTINI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ANALISIS DOSIS BNCT.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsentrasi boron-10 yang optimal untuk terapi kanker pada rentang konsentrasi 20 μg/gram sampai 35 μg/gram dengan metode Boron Neutron Captute Therapy (BNCT) dan untuk memngetahui waktu iradiasi yang paling singkat untuk terapi kanker otak. Glioblastoma multiform merupakan salah satu jenis tumor otak tingkat tertinggi dengan prognosis yang buruk sehingga perkembangan dari kanker itu sangat cepat. Penelitian ini adalah eksperimen berbasis simulasi dengan menggunakan program MCNPX. Pada kasus ini, sumber neutron termal dihasilkan oleh model Kolimator Kolom Termal Reaktor Nuklir Riset Kartini, Yogyakarta. Pemodelan dilakukan pada otak yang telah mengandung jaringan kanker sebagai target dan reaktor sebagai sumber iradiasi. Variasi konsentrasi boron yang dilakukan pada penelitian ini adalah 20, 25, 30 dan 35 μg/g tumor. Keluaran MCNPX berupa nilai dosis hamburan neutron, dosis gamma dan fluks neutron dari reaktor. Nilai fluks neutron digunakan untuk menghitung dosis dari alfa, proton, dan gamma yang dihasilkan interaksi neutron termal dan material penyusun jaringan. Berdasarkan hasil perhitungan konsentrasi boron di dalam kanker yang paling optimal adalah 30 μg/gram kanker dan dosis radiasi yang diterima kulit kurang dari 3 Gy. Waktu iradiasi yang dibutuhkan adalah 2,79 jam untuk konsentrasi 20 μg/gram; 2,78 jam untuk konsentrasi 25 μg/gram; 2,77 jam untuk konsentrasi 30 μg/gram,dan 2,8 jam untuk konsentrasi 35 μg/gram. Kata kunci : BNCT, Kanker otak, konsentrasi boron, waktu iradiasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 31 Jul 2017 01:45
Last Modified: 30 Jan 2019 14:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51117

Actions (login required)

View Item View Item