LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMP NEGERI 1 SALAM

Novi Akhadiyati, Novi Akhadiyati (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMP NEGERI 1 SALAM. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NOVI AKHADIYATI 13416241076.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Mahasiswa kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta memiliki kewajiban untuk menempuh mata kuliah wajib yang sesuai dengan kurikulum yang dicanangkan. Ada beberapa mata kuliah wajib yang harus ditempuh, salah satunya adalah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Praktik Pengalaman Lapangan merupakan mata kuliah wajib yang harus diikuti untuk memperoleh gelar sebagai sarjana pendidikan selain tugas akhir skripsi di Universitas Negeri Yogyakarta. Praktik Pengalaman Lapangan diharapkan dapat menjadi bekal bagi mahasiswa sebagai wahana pembentukan tenaga kependidikan professional yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang siap dalam memasuki dunia pendidikan. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PPL pada semester khusus tahun 2016 ini adalah di SMP Negeri 1 Salam yang bertempat di Desa Gulon, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Program PPL ini dilaksanakan pada tanggal 15 Juli s.d. 15 September 2016. Mata pelajaran yang diampu adalah mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII. Dalam program PPL ini penyusun mengampu semua kelas VIII yang berada di SMP Negeri 1 Salam yaitu terdiri dari kelas VIII A s.d. kelas VIII F. Setiap minggunya masing-masing kelas bertemu dengan pelajaran IPS sebanyak dua kali, sedangkan setiap satu jam pertemuan menghabiskan 40 menit. Oleh karena itu, penyusun dapat mengajar selama 22 jam setiap minggunya. Selain kegiatan mengajar, terdapat beberapa program kerja seperti Pengenalan Lingkungan Sekolah, Sosialisasi Kesehatan Reproduksi, Motivasi Belajar, pendampingan kegiatan Pramuka, mengikuti upacara setiap hari senin dan 17 Agustus, pendampingan ekstrakurikuler, budaya 5 S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, dan Santun) dan lain sebagainya. Selama dua bulan pelaksanaan Praktik Pengalaman lapangan (PPL) memberikan mahasiswa pengalaman dalam mengajar. Hal ini bermanfaat bagi mahasiswa untuk kemudian dapat menjadi guru yang profesional. Selain itu, pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dapat memberikan gambaran yang tepat tentang sejauh mana kemampuan dan ketrampilan mahasiswa dalam melaksanakan proses mengajar sehingga dapat mengembangkan ketrampilan dan kemampuannya menjadi lebih baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), siswa
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 26 Jul 2017 01:12
Last Modified: 01 Oct 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51111

Actions (login required)

View Item View Item