Ayu Awaliyah, Riski (2017) PENANAMAN NILAI-NILAI KEWIRAUSAHAAN DALAM LINGKUNGAN KELUARGA PADA SISWA KELAS XII KONSENTRASI JASA BOGA DI SMK NEGERI 1 SEWON. S1 thesis, Fakultas Teknik.
|
Text
Skripsi.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Gambaran orang tua dalam menanamkan nilai-nilai kewirausahaan di lingkungan keluarga siswa kelas XII konsentrasi Jasa Boga di SMK Negeri 1 Sewon. (2) Nilai kewirausahaan yang paling dominan dari 5 aspek yang ditanamkan orang tua di lingkungan keluarga siswa kelas XII konsentrasi Jasa Boga di SMK Negeri 1 Sewon. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survai. Populasi penelitian adalah semua Siswa Kelas XII Konsentrasi Jasa Boga SMK Negeri 1 Sewon sebanyak 98 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh yaitu teknik penentuan sampel menggunakan semua anggota populasi sebanyak 98 orang sebagai sampel. Data dikumpulkan dengan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menggunakan bantuan program SPSS 17 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Penanaman nilai-nilai kewirausahaan di lingkungan keluarga siswa SMK Negeri 1 Sewon terdiri dari 5 aspek yaitu berorientasi pada tindakan “sangat tinggi” (24,7 %), kreatif “tinggi” (19,5%), kemandirian “tinggi” (19,2 %), kepemimpinan “tinggi” (18,8 %), dan berani mengambil resiko “tinggi” (17,8 %). (2) Nilai kewirausahaan yang paling dominan diterapkan oleh orang tua siswa kelas XII Konsentrasi Jasa Boga SMK Negeri 1 Sewon adalah nilai berorientasi pada tindakan (24,7 %). Kata kunci: Penanaman Nilai Kewirausahaan, Keluarga Siswa SMK.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 31 Jul 2017 01:43 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 14:37 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51101 |
Actions (login required)
View Item |