PENGARUH PDRB PER KAPITA, INVESTASI, DAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA TERHADAP KETIMPANGAN PENDAPATAN ANTAR DAERAH DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2011-2015

Hartini, Nita Tri (2017) PENGARUH PDRB PER KAPITA, INVESTASI, DAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA TERHADAP KETIMPANGAN PENDAPATAN ANTAR DAERAH DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2011-2015. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Full_NitaTriHartini_10404244016_PDF.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembangunan ekonomi yang baik merupakan capaian yang ingin diperoleh setiap daerah di Indonesia. Namun dengan adanya perbedaan PDRB per kapita, alokasi investasi yang tidak merata pada beberapa daerah dan indeks pembangunan manusia yang berbeda tiap daerah akan menyebabkan ketimpangan dan perbedaan pendapatan antar daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh PDRB per kapita, investasi, dan indeks pembangunan manusia terhadap ketimpangan pendapatan antar daerah di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2011-2015. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data yang digunakan berupa crosssection 5 kabupaten/kota di Provinsi D.I Yogyakarta dan time series selama 2011-2015. Data diolah dengan analisis data panel dengan regresi fixed effect model. Seluruh variabel penelitian berpengaruh secara simultan terhadap ketimpangan pendapatan. Secara parsial variabel PDRB per kapita berpengaruh positif dan signifikan terhadap ketimpangan pendapatan, sementara investasi dan indeks pembangunan manusia berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ketimpangan pendapatan. Kata kunci: ketimpangan pendapatan, PDRB per kapita, investasi, indeks pembangunan manusia, fixed effect model.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi Mikro
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 26 Jul 2017 03:56
Last Modified: 30 Jan 2019 14:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51092

Actions (login required)

View Item View Item