ANALISIS FAKTOR ATAS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI (SMA N) KELAS X IPS SEMESTER GASAL DI KABUPATEN SLEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Sari, Rulli Lovita Arima (2017) ANALISIS FAKTOR ATAS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI (SMA N) KELAS X IPS SEMESTER GASAL DI KABUPATEN SLEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI (Rulli Lovita - 13804241018).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui: 1) Faktor internal dalam diri peserta didik yang menjadi penyebab terbesar kesulitan belajar ekonomi peserta didik SMA N kelas X IPS semester gasal di Kabupaten Sleman tahun ajaran 2016/2017. 2) Faktor eksternal peserta didik yang menjadi penyebab terbesar kesulitan belajar ekonomi peserta didik SMA N kelas X IPS semester gasal di Kabupaten Sleman tahun ajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IPS semester gasal sekolah menengah atas negeri (SMA N) di Kabupaten Sleman tahun ajaran 2016/2017 yang telah menggunakan Kurikulum 2013. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMA N 1 Godean, SMA N 1 Seyegan, dan SMA N 1 Minggir yang berjumlah 180 peserta didik. Uji validitas yang digunakan adalah Product Moment dan uji reliabilitas dengan menggunakan Cronbach‟s Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis faktor model confrimatory factor analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat 4 faktor internal yang menjadi penyebab terbesar kesulitan belajar ekonomi peserta didik secara berurutan adalah faktor kebiasaan belajar dengan nilai eigenvalue sebesar 5,705 dan nilai varians sebesar 33,5%, faktor motivasi belajar dengan nilai eigenvalue sebesar 2,046 dan nilai varians sebesar 12%, faktor kemampuan belajar dengan nilai eigenvalue sebesar 1,256 dan nilai varians sebesar 7,3%, faktor minat belajar dengan nilai eigenvalue sebesar 1,017 dan nilai varians sebesar 5,9%. 2) Terdapat 4 faktor eksternal yang menjadi penyebab terbesar kesulitan belajar ekonomi peserta didik secara berurutan adalah faktor guru dengan nilai eigenvalue sebesar 2,711 dan nilai varians sebesar 22,5%, faktor orang tua dengan nilai eigenvalue sebesar 2,076 dan nilai varians sebesar 17,2%, faktor teman bergaul dengan nilai eigenvalue sebesar 1,165 dan nilai varians sebesar 9,7%, faktor lingkungan sekolah dengan nilai eigenvalue sebesar 1,083 dan nilai varians sebesar 9%. Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Analisis Faktor Konfrimatori

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 26 Jul 2017 03:56
Last Modified: 30 Jan 2019 14:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51083

Actions (login required)

View Item View Item