“Pengembangan Media Pembelajaran Majalah Fisika PhysicsMagz Berbasis Clenovio Apps untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA”

Sigit Triyogantara, Nur and Astono, Juli (2017) “Pengembangan Media Pembelajaran Majalah Fisika PhysicsMagz Berbasis Clenovio Apps untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA”. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menghasilkan Majalah Fisika PhysicsMagz berbasis Clenovio Apps yang layak digunakan untuk pembelajaran fisika materi Usaha & Energi di kelas X SMA. (2) Mengetahui peningkatan minat belajar peserta didik SMA kelas X yang menggunakan media pembelajaran Majalah Fisika PhysicsMagz berbasis Clenovio Apps pada pembelajaran fisika materi Usaha & Energi di kelas X SMA. (3) Mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik SMA kelas X yang menggunakan media pembelajaran Majalah Fisika PhysicsMagz berbasis Clenovio Apps pada pembelajaran fisika materi Usaha & Energi di kelas X SMA. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D), dan menggunakan model dari Borg & Gall. Pengembangan majalah fisika dimulai dari pengumpulan informasi, perencanaan awal, pengembangan produk awal, validasi, revisi, uji coba lapangan awal, revisi, uji coba lapangan utama, revisi, dan diseminasi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar penilaian produk, angket respon peserta didik, angket minat belajar peserta didik, dan tes kemampuan berpikir kreatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X MIPA 1, dan X MIPA 2 di MAN Yogyakarta II. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis deskriptif kualitatif pada saran/komentar validator, analisis deskripif kuantitatif pada skor penilaian dan angket, dan analisis standar gain untuk mengetahui peningkatan minat belajar serta kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa majalah fisika berbasis clenovio apps pada materi usaha & energi dinyatakan “layak” oleh validator. Pada uji lapangan, majalah tersebut dapat meningkatkan minat belajar dengan nilai gain sebesar 0,21. Majalha tersebut juga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dengan nilai gain sebesar 0,49. Kata kunci : majalah fisika, clenovio, minat belajar, kemampuan berpikir kreatif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 26 Jul 2017 03:55
Last Modified: 30 Jan 2019 14:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51079

Actions (login required)

View Item View Item