PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI PENGENALAN CORELDRAW SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN DESAIN GRAFIS DI SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN UTARA

Aliianto, Pramuji (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI PENGENALAN CORELDRAW SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN DESAIN GRAFIS DI SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN UTARA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Alfiyanto_12520241047.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pengembangan media pembelajaran yang mampu memuat berbagai jenis text, graphic, audio dan video dapat membantu dalam sebuah pembelajaran, salah satunnya adalah media pembelajaran dengan materi pengenalan CorelDraw berbasis Adobe Flash CS3. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media pembelajaran pengenalan coreldraw berbasis Adobe Flash CS3 untuk siswa kelas X jurusan multimedia di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara. (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran pengenalan CorelDraw. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE. (1) Analysis, tujuannya adalah untuk mengetahui kebutuhan awal dalam mengembangkan media ini. (2) Design, tahapan pembuatan desain navigasi dan storyboard yang akan dikembangkan. (3) Development, pengembangan produk berdasarkan desain navigasi dan storyboard dengan menggunakan software Adobe Flash CS3. (4) Implementation, pengujian produk yang divalidasi kepada 2 orang ahli media dan 2 orang ahli materi. Kemudian, diujikan kepada siswa kelas X Multimedia yang berjumlah 26 siswa di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara, untuk mendapatkan nilai dari kelayakan media pembelajaran. (5) Evaluation, merupakan tahapan terakhir untuk menganalisis nilai yang di dapat dari uji kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pengenalan CorelDraw pada mata pelajaran Desain Grafis menghasilkan produk media pembelajaran interaktif yang berisikan sepuluh kompetensi dasar, materi tentang pengenalan CorelDraw yang dilengkapi dengan video tutorial, evaluasi berupa tutorial latihan membuat sebuah objek. (2) tingkat kelayakan media pembelajaran dari ahli materi sebesar 88 % dengan kategori sangat layak, ahli media sebesar 82,5 % dengan kategori sangat layak, dan penilaian siswa terhadap media pembelajaran sebesar 81 % dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka media pembelajaran interaktif pengenalan coreldraw berbasis Flash layak digunakan sebagai alat bantu mengajar dalam proses pembelajaran di sekolah. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Adobe Flash CS3, Kelayakan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT UNY
Date Deposited: 31 Jul 2017 01:45
Last Modified: 31 Jul 2017 01:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51064

Actions (login required)

View Item View Item