Masitoh, Siti (2017) PENGARUH PEMBERIAN SUPLEMEN TEORI SENI LUKIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR BATIK LUKIS SISWA KELAS VIII SMPN 5 SLEMAN. S1 thesis, Pendidikan Seni Rupa FBS.
|
Text
TAS Siti Masitoh.PDF Download (11MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui prestasi belajar batik lukis siswa sebelum dan setelah pemberian suplemen teori seni lukis, dan 2) mengetahui pengaruh pemberian suplemen teori seni lukis terhadap prestasi belajar batik lukis siswa kelas VIII SMPN 5 Sleman. Metode penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain penelitian intact-Group Comparison. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VIII SMPN 5 Sleman yang berjumlah 120 siswa. Kelas eksperimen yang diberi perlakuan berjumlah 30 siswa dan kelas kontrol berjumlah 30 siswa. Metode teknik pengumpulan data dilakukan pretest-posttest dengan lembar tes pilihan ganda dan penilaian unjuk kerja. Uji validitas instrument dilakukan dengan validitas isi yaitu dengan meminta pertimbangan dari para ahli (judgment expert) diperiksa dan dievaluasi. Hasil lembar tes soal dan lembar penilaian unjuk kerja siswa menggunakan histogram interval frekuensi dengan rumus tally dan uji reliabilitas instrument untuk tes soal serta lembar penilaian unjuk kerja menggunakan Uji normalitas dan homogenitas data serta uji- t (t-test) dibantu dengan menggunakan SPSS 21 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prestasi belajar batik lukis siswa kelas VIII sebelum pemberian suplemen teori lukis dari 30 jumlah siswa mencapai 66,67% hasil tes pilihan ganda dan 66,67% hasil penilaian unjuk kerja siswa dan hasil belajar membatik dari 30 jumlah siswa kelas VIII SMPN 5 Sleman, setelah pemberian suplemen teori lukis meningkat sebesar 22,3% pada hasil tes pilihan ganda dan 13,4% pada hasil unjuk kerja, sehinggga 100% dinyatakan berhasil karena hasil belajar siswa berada diatas nilai rata-rata, dari hal tersebut maka ada pengaruh pemberian suplemen teori lukis terhadap prestasi belajar batik lukis siswa kelas VIII SMPN 5 Sleman dengan sampel berjumlah 60 siswa, dengan adanya peningkatan hasil belajar tes pilihan ganda dan tes penilaian unjuk kerja pencapaian prestasi belajar pada pelajaran membatik secara keseluruhan sudah mencapai nilai ketuntasan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Seni dan Budaya > Seni Rupa |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Admin Pendidikan Seni Rupa FBS |
Date Deposited: | 31 Jul 2017 01:23 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 14:36 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51061 |
Actions (login required)
View Item |