ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU GIZI DI SMK NEGERI 3 PURWOREJO

Aswatun, Khasanah (2017) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU GIZI DI SMK NEGERI 3 PURWOREJO. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
TAS_Aswatun Khasanah_13511244004.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui faktor internal yang menyebabkan siswa kelas X jurusan Tata Boga SMK Negeri 3 Purworejo mengalami kesulitan dalam mempelajari materi Ilmu Gizi. (2) mengetahui faktor eksternal yang menyebabkan siswa kelas X jurusan Tata Boga SMK Negeri 3 Purworejo mengalami kesulitan dalam mempelajari materi Ilmu Gizi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang memiliki tujuan untuk membuat deskripsi secara nyata dan sistematis. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan Tata Boga yang berjumlah 95 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan menggunakan rumus slovin dan purposive sampling. Rumus slovin digunakan karena dalam pengambilan sampel, jumlah sampel harus representative. Teknik purposive sampling digunakan apabila sasaran sampel yang diteliti telah memiliki karakteristik tertentu. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari 2017 –Juli 2017 yang bertempat di SMK Negeri 3 Purworejo. Uji validitas instrument yang digunakan adalah validasi isi dan validitas konstruk, sedangkan untuk reliabilitas instrument menggunakan rumus Alpha Cronbanch. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Siswa memiliki kecenderungan mengalami kesulitan belajar Ilmu Gizi yang disebabkan oleh: (1) Faktor internal yang menyebabkan siswa mengalai kesulitan belajar meliputi faktor motivasi dengan prosentase sebesar 50% berkategori sangat rendah, faktor minat memiliki prosentase sebesar 71,11% berkategori rendah, faktor sikap dengan prosentase sebesar 65,55% berkategori rendah, faktor kognitif dengan prosentase sebesar 67,77% berkategori rendah, faktor kesehatan dengan prosentase sebesar 65,55% berkategori rendah. (2) Faktor eksternal yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar meliputi faktor lingkungan sekolah dengan prosentase sebesar 60% berkategori rendah, faktor lingkungan keluarga dengan prosentase sebesar 44,44% berkategori rendah, faktor lingkungan masyarakat dengan prosentase sebesar 56,66% berkategori rendah. Kata kunci : Ilmu Gizi, faktor, kesulitan belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 26 Jul 2017 03:55
Last Modified: 30 Jan 2019 14:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51059

Actions (login required)

View Item View Item