SUMBANGAN TINGGI BADAN DAN FLEKSIBILITAS PERGELANGAN TANGAN DENGAN KETERAMPILAN DROPSHOT FOREHAND PADA ATLET BULUTANGKIS DI PB PANDIGA YOGYAKARTA

Dwi Prakasa, Lohana Bagus (2017) SUMBANGAN TINGGI BADAN DAN FLEKSIBILITAS PERGELANGAN TANGAN DENGAN KETERAMPILAN DROPSHOT FOREHAND PADA ATLET BULUTANGKIS DI PB PANDIGA YOGYAKARTA. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sumbangan antara tinggi badan dan fleksibilitas pergelangan tangan dengan keterampilan dropshot forehand atlet bulutangkis di PB Pandiga Yogyakarta. Jenis penelitian adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet putra di PB Pandiga Yogyakarta berjumlah 27 atlet. Teknik sampling menggunakan purposive sampling, dengan kriteria, yaitu: (1) daftar hadir latihan dua bulan terakhir minimal 75% (keaktifan mengikuti latihan), (2) pemain merupakan atlet PB Pandiga Yogyakarta, (3) berusia 16-18 tahun, (4) berjenis kelamin laki-laki. Berdasarkan kriteria tersebut yang memenuhi berjumlah 12 atlet putra. Instrumen yang digunakan untuk mengukur tinggi badan yaitu stadiometer, fleksibilitas pergelangan tangan menggunakan busur derajat, dan dropshot forehand menggunakan keterampilan dropshot forehand dari James Poole (2008: 33). Analisis data menggunakan uji korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada sumbangan tinggi badan dengan keterampilan dropshot forehand atlet bulutangkis di PB Pandiga Yogyakarta, yaitu sebesar 31,93%. (2) Ada sumbangan fleksibilitas pergelangan tangan dengan keterampilan dropshot forehand atlet bulutangkis di PB Pandiga Yogyakarta, yaitu sebesar 40,77%. (3) Ada sumbangan antara tinggi badan dan fleksibilitas pergelangan tangan dengan keterampilan dropshot forehand atlet bulutangkis di PB Pandiga Yogyakarta, yaitu sebesar 72,7%, sedangkan sisanya sebesar 27,3% dipengaruhi oleh faktor lain, yaitu faktor psikologis dan teknik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: tinggi badan, fleksibilitas pergelangan tangan, keterampilan dropshot forehand
Subjects: Olahraga
Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 26 Jul 2017 03:53
Last Modified: 26 Jul 2017 03:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51047

Actions (login required)

View Item View Item