Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Rias Wajah Khusus dan Kreatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMK N 1 Sewon.

Rini, Sulistyo (2017) Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Rias Wajah Khusus dan Kreatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMK N 1 Sewon. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sulistyo-rini-14707251013.swf

Download (15MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan: (1) menghasilkan produk yang layak untuk pembelajaran rias wajah khusus dan kreatif (2) mengetahui keefektivitas produk untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan yang dikembangkan oleh. Desain pengembangan dikelompokkan menjadi tiga fase, yaitu: (1) perencanaan, (2) desain (3) pengembangan dan (4) penyebarluasan. Tempat penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Sewon pada Mei sampai Juni 2016. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa program studi keahlian tata kecantikan kulit. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel yang dipilih sebanyak 32 siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Sewon. Subyek Uji coba produk desain terdiri dari: 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media dan uji coba lapangan pada 32 siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi, lembar validasi produk untuk ahli materi, lembar validasi untuk ahli media, kuisioner untuk pengguna dan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan: (1) menghasilkan produk multimedia pembelajaran yang berupa Compact Disk (CD). (2) kelayakan produk berdasarkan uji alpa oleh ahli materi 1 dan 2 diperoleh hasil uji validitas dan reliabilitas pada aspek isi materi diperoleh rerata penilaian sebesar 4,22 dengan kategori "Sangat Baik" dan koefisien reliabilitas sebesar 0,783 kriterianya “Baik”. Validasi oleh ahli media pada aspek pemprograman yang divalidasi diperoleh rerata penilaian sebesar 4,10 dengan kategori "Sangat Baik" dan koefisien reliabilitas sebesar 1 kriterianya “Sempurna”. (3) penilaian pengguna multimedia pembelajaran (siswa) diperoleh skor rerata sebesar 4,31 dengan kategori sangat baik dan dinyatakan “layak”. (4) terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada aspek kognitif sebelum dan sesudah menggunakan media, rerata nilai sebelum menggunakan media sebesar 53,7 dan rerata nilai sesudah menggunakan media sebesar 82,3 sehingga kesimpulannya adalah produk multimedia pembelajaran sangat layak untuk digunakan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Pembelajaran, Tata rias wajah khusus dan kreatif, Kecantikan
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Jul 2017 02:11
Last Modified: 09 May 2019 08:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51041

Actions (login required)

View Item View Item