EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA

Syarifah, Imroatus and Tuharto, Tuharto (2017) EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Halaman Judul.pdf

Download (930kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.1 - BAB I.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.2 - BAB II.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.3 - BAB III.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.4 - BAB IV.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.5 - BAB V dan Daftar Pustaka.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray ditinjau dari kemampuan komunikasi matematika siswa kelas X SMA, mengetahui efektivitas pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan komunikasi matematika siswa kelas X SMA, dan mengetahui apakah strategi pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematika siswa kelas X SMA. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian menggunakan desain tes kemampuan awal. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Purworejo dengan sampel penelitian diambil dua kelas secara acak yaitu kelas X-4 sebagai kelas kontrol dan kelas X-5 sebagai kelas eksperimen. Kelas kontrol dikenai pembelajaran dengan metode konvensional, sedangkan kelas eksperimen menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray. Instrumen yang digunakan untuk mengambil data adalah tes dan non-tes berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Validitas instrumen menggunakan validitas konstruk oleh para ahli (judgment expert) dengan hasil layak dengan revisi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis deskriptif, uji asumsi analisis, dan uji hipotesis berbantuan SPSS 16 for windows. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan α = 0,05 dapat disimpulkan bahwa : (1) Strategi pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray (TSTS) efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematika siswa kelas X SMA dengan nilai signifikansi 0,000; (2) Pembelajaran konvensional efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematika siswa kelas X SMA dengan nilai signifikansi 0,003; dan (3) Strategi pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray (TSTS) lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan komunikasi matematika siswa kelas X SMA dengan nilai signifikansi 0,022. Kata kunci: Two Stay Two Stray (TSTS), kemampuan komunikasi matematika.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 31 Jul 2017 01:20
Last Modified: 30 Jan 2019 14:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51024

Actions (login required)

View Item View Item