BAHASANTARA: SUATU KONSTRUKSI KREATIF PEMBELAJAR BAHASA

Suwarna, - BAHASANTARA: SUATU KONSTRUKSI KREATIF PEMBELAJAR BAHASA. -.

[img]
Preview
Text
Bahasantara_Suatu_Konstruksi_Kreatif.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Dalam proses menguasai bahasa kedua (B2) sebagai bahasa target (BT), pembelajar berusaha untuk membentuk kaidah-kaidah kebahasaan tersendiri. Kaidah itu bukan merupakan kaidah kebahasaan yang telah dikuasainya (bahasa I: BI) dan juga bukan kaidah bahasa target. Kaidah kebahasaan itu merupakan konstruksi kreatif dari masing-masing pembelajar. Kaidah-kaidah kreatif ini hanya bersifat sementara. Kaidah-kaidah inilah yang disebut bahasantara (interlanguage) artinya kaidah di antara bahasa yang telah dikuasainya dan kaidah bahasa target. Gejala bahasantara ditunjukkan oleh adanya penyimpangan- penyimpangan dari norma kebakuan berbahasa yang disebut kesalahan berbahasa. Kesalahan ini terjadi karena pembelajar sulit meninggalkan kaidah-kaidah kebahasaan yang telah dikuasainya. Pembelajar mencoba menggunakan kaidah kebahasaan yang telah dikuasainya untuk diterapkan pada bahasa target. Pembelajar menggunakan strategi hypothesis testing untuk memproduksi bahasa target. Hila hipotesisnya tidak terbukti (berarti pembelajar membuat kesalahan), pembelajar berusaha menghindari atau membetulkan kesalahan itu pada kesempatan berikutnya. Hila hipotesisnya terbukti (betul), pembelajar akan menginterna/isasi kaidah kebahasaan itu ke dalam black box kebahasaan. Kesalahan-kesalahan ini akan semakin berkurang seiring dengan bertambah mantapnya kompetensi bahasa target sampai akhirnya pembelajar betul-betul menguasai bahasa target dengan mantap.

Item Type: Article
Subjects: Perpustakaan
Divisions: Perpustakaan
Depositing User: Users 93 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2012 16:29
Last Modified: 05 Sep 2012 16:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5101

Actions (login required)

View Item View Item