PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISIONS) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN CHASIS DI KELAS XI SMKN 1 NGAWEN

Yudi Ari, Cahyanto (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISIONS) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN CHASIS DI KELAS XI SMKN 1 NGAWEN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Naskah TAS.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang terjadi pada siswa kelas XIOA SMKN 1 Ngawen. Permasalahan berupa kurang aktifnya siswa pada saat pembelajaran dan hasil belajar siswa rendah pada mata pelajaran chasis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dan hasil belajar siswa kelas XIOA SMKN 1 Ngawen pada mata pelajaran chasis dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student teams achievement divisions). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis & Mc. Taggart. Penelitian ini terdiri dari (1) perencanaan (plan) (2) tindakan (act) (3) observasi (observe) (4) refleksi (reflect). Penelitian ini dilakukan sampai memperoleh hasil keaktifan berupa siswa aktif dan sangat aktif ≥ 70% dan hasil belajar siswa yang tuntas sebanyak ≥ 70%. Penelitian ini dilakukan sebanyak 3 siklus. Pengambilan data menggunakan instrumen lembar observasi untuk mengukur keaktifan siswa dan instrumen tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian ini membandingkan jumlah siswa aktif dan hasil belajar siswa yang tuntas pada setiap siklus. Penelitian ini dilakukan bulan januari 2017. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Hasil keaktifan siswa menunjukan siswa dengan kategori aktif dan sangat aktif pada siklus I sebesar 31,49 %, siklus II sebesar 48,48 %, dan siklus III sebesar 79,41 %. Hasil belajar siswa menunjukan siswa yang tuntas pada siklus I sebesar 26 %, siklus II sebesar 39 %, dan siklus III sebesar 74 %. Kata Kunci: Penelitian tindakan kelas, aktivitas belajar, hasil belajar, model pembelajaran pembelajaran kooperatif tipe STAD (student teams achievement divisions).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 26 Jul 2017 03:41
Last Modified: 30 Jan 2019 14:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51007

Actions (login required)

View Item View Item