PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS MEDIA PERMAINAN JUMANJI UNTUK MENGUKUR PENGUASAAN MATERI FISIKA DAN PENCAPAIAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK SMA

Yuliatun, Tutik and Istiyono, Edi (2017) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS MEDIA PERMAINAN JUMANJI UNTUK MENGUKUR PENGUASAAN MATERI FISIKA DAN PENCAPAIAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Tutik Yuliatun_13302244023.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan instrumen penilaian berbasis media pemainan jumanji yang memenuhi syarat untuk mengukur penguasaan materi fisika usaha dan energi, 2) mengetahui penguasaan materi fisika usaha dan energi pada peserta didik SMA, 3) mengetahui pencapaian minat belajar peserta didik SMA. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Validitas isi dengan expert judgement oleh ahli pendidikan fisika dan ahli penilaian fisika, serta praktisi. Validasi isi mengunakan V Aiken dan validitas empris menggunakan program Quest politomus 1 PL. Instrumen diujicobakan pada 261 peserta didik dari 4 SMA di Kabupaten Sleman. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) telah dihasilkan instrumen penilaian berbasis media permainan jumanji yang memenuhi syarat untuk mengukur penguasaan materi fisika dan pencapaian minat belajar peserta didik SMA, sehingga nampak keseluruhan memiliki konstruksi sebagai berikut: a) tedapat 15 item soal pada kemampuan mendefinisikan, menentukan, dan mengaplikaskan, b) instrumen yang dikembangkan telah memenuhi syarat validitas isi dengan expert judgement dan telah mendapatkan bukti empiris fit dengan Partial Credit Model berdasarkan data politomus empat kategori, c) seluruh item soal dalam kriteria baik, indeks kesukaran berada pada rentang -0,91 sampai dengan 0,96 d) instrumen penilaian berbasis media permainan jumanji cukup reliable (koefisien reliabilitas 0,53); 2) penguasaan materi fisika usaha dan energi peserta didik pada uji coba lapangan luas kategori sedang 49% dan kriteria tingi 51%; 3) pencapaian minat belajar peserta didik pada uji coba lapangan luas rendah 2%, sedang 16%, dan tinggi 82%. Kata kunci: pengembangan, instrumen penilaian berbasis media permainan jumanji, penguasan materi fisika, dan minat belajar fisika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 26 Jul 2017 03:43
Last Modified: 30 Jan 2019 14:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51004

Actions (login required)

View Item View Item