PENGEMBANGAN BOARD GAME ULAR TANGGA BERBASIS KERAGAMAN BUDAYA UNTUK KELAS III SD N KOTAGEDE 5 YOGYAKARTA

Listyani, Amin (2017) PENGEMBANGAN BOARD GAME ULAR TANGGA BERBASIS KERAGAMAN BUDAYA UNTUK KELAS III SD N KOTAGEDE 5 YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Amin Listyani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa Board Game Ular Tangga Berbasis Keragaman Budaya yang layak digunakan oleh siswa kelas III SD N Kotagede 5 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Akan tetapi pada penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap empat, yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (developmnet), dan implementasi (implementation). Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pada tahap analisis yaitu peneliti menemukan permasalahan dengan menganalisis kurikulum, kebutuhan peserta didik, dan kompetensi untuk membuat board game yang dikembangkan untuk mengatasi permasalahan pembelajaran di lapangan. Hasil tahap desain yaitu mendesain produk awal, mempersiapkan materi dan peraturan yang akan dimuat dalam board game, serta menyusun instrumen penilaian media. Hasil tahap pengembangan adalah pembuatan produk dan validasi. Hasil validasi ahli materi memperoleh skor rata-rata 4,53 dengan kriteria “sangat layak”. Hasil validasi ahli media memperoleh skor rata-rata 4,36 dengan kriteria “sangat layak. Hasil uji coba kelompok awal memperoleh skor rata-rata 4,95 dengan kriteria “sangat layak”. Hasil uji coba lapangan memperoleh skor rata-rata 4,75 dengan kriteria “sangat layak”. Hasil penilaian oleh praktisi (guru) memperoleh skor rata-rata 5,00 dengan kriteria “sangat layak”. Dengan demikian, produk yang dikembangkan yaitu Board Game Ular Tangga Berbasis Keragaman Budaya layak digunakan sebagai media pembelajaran tematik di kelas III SD materi keberagaman budaya Indonesia. Kata kunci: pengembangan, Board Game Ular Tangga Berbasis Keragaman Budaya, keberagaman budaya Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 24 Jul 2017 05:45
Last Modified: 30 Jan 2019 14:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51003

Actions (login required)

View Item View Item