HUBUNGAN PENDIDIKAN MORAL DAN KOMUNIKASI DALAM KELUARGA DENGAN PERILAKU SOSIAL ANAK KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI DI GUGUS III BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA

Muti’ah, Ulin Nuskhi (2017) HUBUNGAN PENDIDIKAN MORAL DAN KOMUNIKASI DALAM KELUARGA DENGAN PERILAKU SOSIAL ANAK KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI DI GUGUS III BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Ulin Nuskhi Muti'ah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pendidikan moral dan komunikasi dalam keluarga dengan perilaku sosial anak kelas V sekolah dasar di Gugus III Banguntapan Bantul Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model korelasi. Populasi dalam peelitian ini adalah siswa kelas V sekolah dasar di Gugus III Banguntapan Bantul yang berjumlah 142 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk mengumpulkan data mengenai pendidikan moral dalam keluarga, komunikasi dalam keluarga, dan perilaku sosial anak. Uji validitas menggunakan validitas konstruk dan validitas butir dengan bantuan SPSS sedangkan uji reliabilitas menggunakan teknik uji reliabilitas alpha cronbach. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi. Hasil analisis menunjukkan: (1) Ada hubungan signifikan dan positif antara pendidikan moral dalam keluarga dengan perilaku sosial anak, dengan nilai signifikansi = 0,000 < 0,05 Hasil dari R2 = 0,505 yang berarti pendidikan moral dalam keluarga memberikan sumbangan sebesar 50,5% terhadap perilaku sosial anak, sedangkan 49,5% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian. (2) Ada hubungan signifikan dan positif antara komunikasi dalam keluarga dengan perilaku sosial anak, dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil dari R2 = 0,443, hal in berarti komunikasi dalam keluarga meberikan sumbangan 44,3% terhadap perilaku soisal anak. Sisanya 55,7% dippengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian. (3) Ada hubungan yang signifikan dan positif antara pendidikan moral dan komunikasi dalam keluarga dengan perilaku sosial anak, dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil dari R2 = 0,552, hal ini berarti pendidikan moral dan komunikasi dalam keluarga secara bersama-sama memberikan sumbangan sebesar 55,2% terhadap perilaku sosial anak. Sisanya 44,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian. Kata kunci : Pendidikan moral keluarga, komunikasi keluarga, perilaku sosial anak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 24 Jul 2017 05:29
Last Modified: 30 Jan 2019 14:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51002

Actions (login required)

View Item View Item