Relevansi Kurikulum 2014 Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FT UNY Konsentrasi Pengelasan dengan Profil Kompetensi Guru SMK Paket Keahlian Teknik Pengelasan.

Rinjani, Riza (2017) Relevansi Kurikulum 2014 Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FT UNY Konsentrasi Pengelasan dengan Profil Kompetensi Guru SMK Paket Keahlian Teknik Pengelasan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-riza-rinjani-14702251030.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) profil kompetensi guru SMK paket keahlian teknik pengelasan menurut kebutuhan di SMK; (2) pelaksanaan pembelajaran di Prodi Pendidikan Teknik Mesin FT UNY konsentrasi pengelasan; (3) relevansi Rencana Pembelajaran Semester (RPS) pengelasan di Prodi Pendidikan Teknik Mesin FT UNY dengan standar nasional pendidikan tinggi; (4) kualitas proses pembelajaran teori dan praktik pengelasan di Prodi Pendidikan Teknik Mesin FT UNY; (5) relevansi sarana prasarana pembelajaran teori dan praktik pengelasan di Prodi Pendidikan Teknik Mesin FT UNY dengan standar nasional pendidikan tinggi; (6) relevansi antara Kurikulum 2014 Prodi Pendidikan Teknik Mesin FT UNY konsentrasi pengelasan dengan profil kompetensi guru SMK paket keahlian teknik pengelasan. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan model Discrepancy. Responden dalam penelitian ini adalah 42 orang guru SMK Paket Keahlian Teknik Pengelasan di DIY dan 20 orang mahasiswa Prodi PTM FT UNY konsentrasi pengelasan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah telaah dokumen, angket dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan penilaian tingkat discrepancy antara Kurikulum 2014 Prodi PTM FT UNY dengan profil kompetensi guru SMK Paket Keahlian Teknik Pengelasan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) profil kompetensi guru SMK paket keahlian teknik pengelasan yang menjadi kebutuhan SMK terdiri dari 90 butir kompetensi; (2) pelaksanaan pembelajaran di Prodi Pendidikan Teknik Mesin FT UNY konsentrasi pengelasan telah memadai dengan persentase sebesar 74,63%; (3) relevansi RPS untuk mata kuliah teori dan praktik pengelasan di Prodi Pendidikan Teknik Mesin FT UNY telah memenuhi standar dengan persentase sebesar 100%; (4) kualitas proses pembelajaran teori mencapai persentase sebesar 75,21% dan termasuk dalam kategori baik sedangkan kualitas pembelajaran praktik mencapai persentase sebesar 76% dan termasuk kategori sangat baik; (5) sarana dan prasarana pembelajaran teori dan praktik pengelasan di Prodi Pendidikan Teknik Mesin FT UNY sangat sesuai dengan standar; (6) relevansi antara Kurikulum 2014 Prodi Pendidikan Teknik Mesin FT UNY konsentrasi pengelasan dengan profil guru SMK paket keahlian teknik pengelasan telah sangat sesuai, dengan persentase 100%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: relevansi, kurikulum, konsentrasi pengelasan, profil kompetensi guru SMK
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Jul 2017 04:28
Last Modified: 09 May 2019 08:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51000

Actions (login required)

View Item View Item