Pengembangan Sistem Penilaian Keterampilan Generik Kimia untuk Calon Pekerja Tekstil Berdasarkan Kerangka Acuan Model Rasch.

Suwahono, Suwahono (2017) Pengembangan Sistem Penilaian Keterampilan Generik Kimia untuk Calon Pekerja Tekstil Berdasarkan Kerangka Acuan Model Rasch. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-suwahono-10701261009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah: (1) menghasilkan produk-produk Sistem Penilaian Keterampilan Generik Kimia (SPKGK) yang layak, efektif dan praktis; (2) mengidentifikasi keberfungsian produk; (3) mengetahui karakteristik produk sesuai kerangka acuan model Rasch; (4) mengukur keterampilan generik kimia calon pekerja tekstil; dan (5) menginvestigasi efektifitas dan kepraktisan produk. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Mardi-Data. Mardi-Data merupakan kombinasi tiga model, yaitu: (a) pengembangan instrumen dari Djemari Mardapi, (b) 4D dari Thiagarajan dan (c) CRISP-DM dari konsorsium pengolah data. Proses pengembangan diawali pemahaman dan pendefinisian masalah, perancangan dan pemodelan produk-produk, pengembangan dan evaluasi produk terdiri atas uji teoritis (telaah pakar), uji pra-empiris (forum diskusi menuju uji empiris) dan uji empiris (uji inisisasi, uji kuantitas dan uji akhir). Uji coba dilakukan di SMK Texmaco dan SMKN 3 Pekalongan dengan asumsi bahwa siswa jurusan teknologi tekstil merupakan calon pekerja tekstil. Data diperoleh dari pakar, guru kimia, guru tekstil, praktisi tekstil, calon dan pekerja tekstil, penguji kompetensi, laboran dan pengelola tempat uji kompetensi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa panduan wawancara, lembar validasi, instrumen pengukur keterampilan generik kimia dan lembar penilaian. Analisis data dilakukan secara kualitatif untuk riset awal, dan berdasarkan kerangka acuan model Rasch, meliputi: uji skala Guttman, unidimensionalitas, indeks separasi, indeks kecocokan butir, indeks Andrich Threshold, indeks ukuran korelasi titik, keberfungsian butir, ketajaman penilai dan indeks kesepakatan penilai terhadap kelayakan, keefektifan dan kepraktisan produk. Produk-produk SPKGK yang telah berhasil dikembangkan meliputi: (1) konseptual KGK, (2) instrumen uji KGK dan pedoman penskoran hasil uji yang dibuat terpisah, (3) standar alat dan bahan uji KGK, (4) prosedur dan mekanisme uji KGK dan (5) pedoman pengolahan hasil penskoran berdasarkan kerangka acuan model Rasch. Produk-produk yang dikembangkan layak dengan nilai indeks kesepakatan ahli berdasarkan model Rasch berkisar antara 51,2 % s.d. 59,2 % serta indeks separasi 0,33 s.d. 0,6. Hasil uji empiris unidimensionalitas produk berdasarkan kerangka acuan model Rasch memiliki nilai 54,3% (bagus) s.d. 73,8 % (istimewa). Butir-butir pengukur keterampilan generik kimia yang dikembangkan cocok dengan kerangka acuan model Rasch. Profil hasil pengukuran KGK calon pekerja tekstil berdasarkan kerangka acuan model Rasch menunjukkan bahwa: 2% peserta kompeten, 36 % cukup kompeten, 60 % kurang kompeten dan 2 % tak teridentifikasi untuk uji ulang. Produk-produk SPKGK secara empiris efektif dan praktis sesuai dengan kerangka acuan model Rasch.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: keterampilan generik kimia, calon pekerja tekstil, model Rasch
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Jul 2017 03:02
Last Modified: 20 Jun 2022 03:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50992

Actions (login required)

View Item View Item