PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), BIAYA OPERASIONAL PADA PENDAPATAN OPERASIONAL (BOPO), NON PERFORMING LOAN (NPL), NET INTEREST MARGIN (NIM), DAN LOAN TO DEPOSIT RATIO (LDR) TERHADAP PROFITABILITAS BANK (STUDI PADA BANK UMUM YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2011-2015)

Wildan, Farhat Pinasti (2017) PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), BIAYA OPERASIONAL PADA PENDAPATAN OPERASIONAL (BOPO), NON PERFORMING LOAN (NPL), NET INTEREST MARGIN (NIM), DAN LOAN TO DEPOSIT RATIO (LDR) TERHADAP PROFITABILITAS BANK (STUDI PADA BANK UMUM YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2011-2015). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh variabel Capital Adequacy Ratio (CAR), Biaya Operasional Pada Pendapatan Operasional (BOPO), Non Performing Loan (NPL), Net Interest Margin (NIM), dan Loan to Deposit Ratio (LDR) terhadap Profitabilitas Bank Umum yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Periode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lima tahun, yaitu mulai dari tahun 2011 sampai dengan 2015. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kausal komparatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh bank umum yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan total populasi 42 perusahaan. Berdasarkan teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling didapatkan sampel sebanyak 25 perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode dokumentasi yang di dapat dari laporan keuangan yang dipublikasikan di website resmi Bursa Efek Indonesia yaitu www.idx.co.id. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) CAR berpengaruh negatif dan tidak siginifikan terhadap Profitabilitas dengan koefisien regresi -0,027 dan sig 0,333, (2) BOPO berpengaruh negatif dan siginifikan terhadap Profitabilitas dengan koefisien regresi -0,057 dan sig 0,000, (3) NPL berpengaruh positif dan tidak siginifikan terhadap Profitabilitas dengan koefisien regresi 0,02 dan sig 0,802, (4) NIM berpengaruh positif dan siginifikan terhadap Profitabilitas dengan koefisien regresi 1,040 dan sig 0,000, (5) LDR berpengaruh negatif dan tidak siginifikan terhadap Profitabilitas dengan koefisien regresi -0,007 dan sig 0,983, (6) CAR, BOPO, NPL, NIM dan LDR berpengaruh secara simultan terhadap Profitabilitas sebesar 41,7% dengan sig 0,000.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Capital Adequacy Ratio (CAR), Biaya Operasional Pada Pendapatan Operasional (BOPO), Non Performing Loan (NPL), Net Interest Margin (NIM), Loan to Deposit Ratio (LDR), Profitabilitas
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 24 Jul 2017 02:07
Last Modified: 30 Jan 2019 14:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50973

Actions (login required)

View Item View Item