PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL MEMBATIK TEKNIK JUMPUTAN UNTUK SISWA KELAS VII DI MTS NEGERI GODEAN

Nugroho, Adi (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL MEMBATIK TEKNIK JUMPUTAN UNTUK SISWA KELAS VII DI MTS NEGERI GODEAN. S1 thesis, Pendidikan Seni Kerajinan.

[img]
Preview
Text
skripsi full.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan produk media pembelajaran audio visual membatik teknik jumputan untuk siswa kelas VII di MTs Negeri Godean dan 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran audio visual membatik teknik jumputan untuk siswa kelas VII di MTs Negeri Godean. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development yang mengacu pada prosedur pengembangan Borg and Gall. Penelitian ini meliputi 10 tahap, yaitu: 1) observasi dan menemukan potensi masalah, 2) pengumpulan data, 3) pengembangan produk awal, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemaikaian, 9) revisi, dan 10) produksi massal. Uji coba dilaksanakan setelah melalui uji validitas oleh ahli media dan ahli materi. Uji coba dilaksanakan di MTs Negeri Godean dengan melibatkan 52 siswa kelas X. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, pengamatan atau observasi, angket, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan cara deskriptif kualitatif dari data kuantitatif untuk pengembangan produk media pembelajaran Kriya ikat celup ini dan deskriptif kualitatif untuk mengetahui respon peserta didik. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukan bahwa: 1) menghasilkan media pembelajaran audio visual membatik teknik jumputan yang menggunakan software Adobe After Effect CS6 dengan hasil rerata validasi ahli materi sebesar 88,15% masuk pada kategori sangat layak, validasi ahli media dengan rerata skor 69,75% masuk pada kategori layak, dan hasil uji coba peserta didik mendapatkan rerata skor 83.17% masuk kategori sangat layak, meskipun tidak sampai tahap pembuatan produk dikarenakan media ini hanya sebatas teori dan keterbatasan waktu dalam uji coba produk, 2) kelayakan media pembelajaran audio visual membatik teknik jumputan yang telah dinilai oleh ahli materi dan ahli media, menunjukkan bahwa media pembelajaran audio visual membatik teknik jumputan ini valid atau layak dengan revisi. Kemudian menurut peserta didik dengan media pembelajaran audio visual tersebut mereka lebih memahami materi dan proses pembuatan batik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa > Pendidikan Kriya
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Kerajinan FBS
Date Deposited: 24 Jul 2017 01:55
Last Modified: 30 Jan 2019 14:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50969

Actions (login required)

View Item View Item