EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BLORA PADA MATERI OPERASI BENTUK ALJABAR

Sangara, Listya and Lestari, Himmawati Puji (2017) EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BLORA PADA MATERI OPERASI BENTUK ALJABAR. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (525kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan saintifik berbasis problem based learning terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Blora. Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Blora. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak yaitu kelas VIII A yang diberikan pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbasis problem based learning sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B yang diberikan pembelajaran dengan pendekatan saintifik sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes untuk mengukur prestasi belajar siswa yang terdiri dari soal pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik berbasis problem based learning efektif ditinjau dari prestasi belajar siswa kelas VIII SMP, 2) pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik efektif ditinjau dari prestasi belajar siswa kelas VIII SMP, 3) pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik berbasis problem based learning tidak lebih efektif dibandingkan pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik ditinjau dari prestasi belajar siswa kelas VIII SMP. Kata kunci : pembelajaran saintifik, pembelajaran problem based learning, prestasi belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 26 Jul 2017 03:39
Last Modified: 30 Jan 2019 14:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50951

Actions (login required)

View Item View Item