Sangara, Listya and Lestari, Himmawati Puji (2017) EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BLORA PADA MATERI OPERASI BENTUK ALJABAR. S1 thesis, UNY.
|
Text
BAB I.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (451kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (525kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (279kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAGIAN AWAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan saintifik berbasis problem based learning terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Blora. Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Blora. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak yaitu kelas VIII A yang diberikan pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbasis problem based learning sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B yang diberikan pembelajaran dengan pendekatan saintifik sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes untuk mengukur prestasi belajar siswa yang terdiri dari soal pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik berbasis problem based learning efektif ditinjau dari prestasi belajar siswa kelas VIII SMP, 2) pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik efektif ditinjau dari prestasi belajar siswa kelas VIII SMP, 3) pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik berbasis problem based learning tidak lebih efektif dibandingkan pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik ditinjau dari prestasi belajar siswa kelas VIII SMP. Kata kunci : pembelajaran saintifik, pembelajaran problem based learning, prestasi belajar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 26 Jul 2017 03:39 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 14:33 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50951 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |