Pendekatan “BEMO PASAR” untuk Meningkatkan Keterampilan Servis Atas pada Siswa Kelas VA SD Muhammadiyah Purwodiningratan 2 Yogyakarta Tahun pelajaran 2015/2016

Wahyuni, Sri (2017) Pendekatan “BEMO PASAR” untuk Meningkatkan Keterampilan Servis Atas pada Siswa Kelas VA SD Muhammadiyah Purwodiningratan 2 Yogyakarta Tahun pelajaran 2015/2016. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sri-wahyuni-12711251004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada pembelajaran permainan bolavoli terutama servis atas dengan menggunakan pendekatan BEMO PASAR, yang ditandai dengan meningkatnya pencapaian nilai pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan kelas VA di SD Muhammadiyah Purwodiningratan 2 Yogyakarta Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VA SD Muhammadiyah Purwodiningratan 2 Yogyakarta tahun pelajaran 2015/2016, yang berjumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data pada penelitian ini adalah lembar pengamatan, angket, dan tes keterampilan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran servis atas menggunakan pendekatan BEMO PASAR dapat meningkat, baik semangat, antusiasme siswa, suasana senang dan meningkatnya nilai siswa. Berdasarkan data pada siklus kedua nilai rata-rata siswa 79,76 meningkat dari nilai rata-rata 72,25 sebelum diberi tindakan. Pada akhir pertemuan ke-2 siklus kedua 96,42% siswa dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75 untuk materi servis atas pada SD Muhammadiyah Purwodiningrata 2 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: olahraga
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2017 08:04
Last Modified: 14 Jan 2022 03:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50946

Actions (login required)

View Item View Item