Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri SMA Menggunakan Metode Brain-Based Learning yang Berorientasi pada Hasil Belajar, Kemampuan Berpikir Logis, dan Keyakinan Diri Siswa

Lidrawati, Lidrawati (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri SMA Menggunakan Metode Brain-Based Learning yang Berorientasi pada Hasil Belajar, Kemampuan Berpikir Logis, dan Keyakinan Diri Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-lidrawati-14709251058.swf

Download (22MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta mengetahui kualitas perangkat pembelajaran geometri SMA berupa RPP dan LKS. Proses pembelajaran menggunakan tahapan metode Brain-Based Learning yang berorientasi pada hasil belajar, kemampuan berpikir logis, dan keyakinan diri siswa. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE. Tahap-tahap yang dilakukan meliputi: tahap analisis, tahap perencanaan, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Uji coba dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu validasi ahli dan uji coba lapangan yang dilaksanakan di MAN Maguwoharjo Kelas X MIA 1. Analisis data untuk kriteria kevalidan dan kepraktisan dilakukan dengan mengkonversi nilai rata-rata skor pada lembar validasi, lembar penilaian guru dan siswa, serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran menjadi data kualitatif skala lima. Sedangkan analisis data untuk kriteria keefektifan dilakukan dengan menilai hasil tes belajar, tes kemamapuan berpikir logis, dan angket keyakinan diri siswa berdasarkan pedoman penskoran yang telah ditentukan. Hasil penelitian ini berupa seperangkat pembelajaran dalam bentuk RPP dan LKS geometri SMA dengan metode Brain-Based Learning yang berorientasi pada hasil belajar, kemampuan berpikir logis, dan keyakinan diri siswa. Kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari tiga aspek, yaitu aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. (1) Hasil penilaian aspek kevalidan RPP dan LKS dengan rata-rata skor berturut-turut adalah 105 (sangat baik) dan 88 (baik). (2) Hasil penilaian aspek kepraktisan RPP dan LKS berdasarkan angket penilaian guru diperoleh rata-rata skor 109 (sangat baik). Sedangkan penilaian aspek kepraktisan berdasarkan angket penilaian siswa diperoleh rata-rata skor 64,1 (baik). Selain itu, penilaian aspek kepraktisan juga berdasarkan pada tingkat keterlaksanaan pembelajaran sebesar 88% melebihi dari 75%. (3) RPP dan LKS efektif ditinjau dari hasil belajar, kemampuan berpikir logis, dan keyakinan diri siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: matematika, media pengajaran
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2017 06:34
Last Modified: 29 Jan 2019 12:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50944

Actions (login required)

View Item View Item