PENDEKATANSOSIOPRAGMATIK DALAM ENGAJARANAPRESIASI PUISI JAWA J

Suwardi, - PENDEKATANSOSIOPRAGMATIK DALAM ENGAJARANAPRESIASI PUISI JAWA J. -.

[img]
Preview
Text
Pendekatan_Sosiopragmatik_Dalam_Pcngajaran.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

P ngajaran puisi Jawa pada umumnya masih menerapkan pende tan tradisional. Pendekatan ini bersifat teoritis dan meneka kan hafalan yang bersifat informatif. Penerapan pende tan ini kadang-kadang kurang mengakrabkan siswa terhad. puisi Jawa. Oleh karena itu, perlu diketengahkan pende tan lain, yakni pendekatan sosiopragmatik. Pendekatan sosiopr kmatik adalah sajian yang mencoba megungkapkan apa saja y ng tercermin dalam puisi sehingga anak didik dapat meman atkan dalam kehidupan. P ndekatan sosiopragmatik dalam pengajaran apresiasi puisi J. wa adalah sajian yang menekankan aspek fungsi sosio yang t pantul dalam puisi. Melalui pendekatan ini anak didik diharap n dapat memetik fungsi sosiopragmatik, yakni keinda n, kenikmatan, ajaran dan gelora puisi Jawa. Dengan demikia, anak didik akan memahami, menghayati, dan mengha 'gaipuisi Jawa sebagai cermin kehidupan sosial. P ndekatan sosiopragmatik akan berhasil, jika tujuan, pilih4n bahan, metoda, penyajian, dan evaluasi diarahkan kepend. tan tersebut. Pemilihan bahan sebaiknya mempe .mbangkanpuisi yang bernilai baik. Penggunaan metoda sebaikn a diarahkan agar anak didik lebih aktif dalam diskusi. Penyaji n dapat di/akukan melalui tahappelacakan pendahuluan, penentu n sikap praktis, pengantar, penyajian, diskusi , dan pengu han. Sedangkan evaluasi heridaknya secara esaidan diarahk n ke pendekatan sosiopragmatik

Item Type: Article
Subjects: Perpustakaan
Divisions: Perpustakaan
Depositing User: Users 93 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2012 16:29
Last Modified: 05 Sep 2012 16:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5094

Actions (login required)

View Item View Item