MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MENGGAMBAR ILUSTRASI PADA KELAS XI IPA SMA N 1 KARANGDOWO KLATEN

Safitri, Wiwid (2017) MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MENGGAMBAR ILUSTRASI PADA KELAS XI IPA SMA N 1 KARANGDOWO KLATEN. S1 thesis, Pendidikan Seni Rupa FBS.

[img]
Preview
Text
TAS WIWID SAFITRI.PDF

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan hasil prestasi belajar peserta didik setelah penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament pada pembelajaran menggambar ilustrasi kelas XI IPA SMA N 1 Karangdowo Klaten, mengetahui dan mendeskripsikan kinerja guru, aktivitas peserta didik dan sikap peserta didik pada pembelajaran menggambar ilustrasi dengan penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1) Menyusun rancangan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Pengamatan, 4) Refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus di kelas XI IPA 2 dengan jumlah 34 peserta didik. Penelitian difokuskan pada kegiatan apresiasi. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Data nilai untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran TGT dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Proses penerapan model pembelajaran TGT pada pembelajaran menggambar ilustrasi kelas XI IPA SMA N 1 Karangdowo Klaten berjalan dengan lancar, sangat kompetitif dan sangat menyenangkan bagi peserta didik. Proses penerapan model pembelajaran TGT yaitu pertama, penyajian kelas dilakukan oleh guru dengan berbagai media pembelajaran. Kedua, pembagian kelompok yang terbagi menjadi 8 kelompok. Ketiga, permainan akademik dengan dua babak. Keempat, penghargaan kelompok dengan tiga juara. Siklus I juara I kelompok 5, juara II kelompok 3 dan juara III kelompok 7, sedangkan siklus II juara I kelompok 3, juara II kelompok 7 dan juara III kelompok 6. (2) Prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran menggambar ilustrasi mengalami peningkatan setelah penelitian tindakan kelas dengan penerapan model pembelajaran TGT yaitu dari rata-rata 54.12 menjadi 93.53 dengan persentase kenaikan sebesar 72.8%. Nilai tertinggi sebelum pelaksanaan tindakan kelas sebesar 80 meningkat menjadi nilai 100 setelah dilakukan pelaksanaan tindakan kelas. Nilai terendah sebelum pelaksanaan tindakan kelas yaitu 32 menjadi nilai 88 setelah dilakukan pelaksanaan tindakan kelas. (3) Model pembelajaran TGT dapat meningkatkan kinerja guru, aktivitas peserta didik dan sikap peserta didik pada pembelajaran menggambar ilustrasi, peserta didik menjadi sangat antusias dan aktif dalam kegiatan pembelajaran menggambar ilustrasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 24 Jul 2017 02:02
Last Modified: 30 Jan 2019 14:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50938

Actions (login required)

View Item View Item