PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA N 1 SOKARAJA

Rofiana, Endah and Sukardiyono, Sukardiyono (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA N 1 SOKARAJA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
skripsi ENDAH.pdf

Download (37MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk LKPD dengan pendekatan saintifik yang layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X SMA N 1 Sokaraja pada materi usaha dan energi, (2) mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik (ranah kognitif, afektif, dan psikomotor) pada materi usaha dan energi menggunakan LKPD dengan pendekatan saintifik. Penelitian pengembangan (Research and Development) ini menggunakan model 4D, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Tahap define merupakan tahap awal untuk mendefinisikan permasalahan. Tahap design dilakukan perancangan perangkat pembelajaran berupa LKPD dan RPP serta instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan RPP, angket respon peserta didik terhadap LKPD, angket sikap penilaian diri, lembar observasi aspek afektif, lembar observasi aspek psikomotor, lembar soal pretest dan posttest. Tahap develop dilakukan dengan validasi instrumen kepada validator ahli dan validator praktisi, uji operasional terbatas, dan uji operasional. Tahap disseminate dilakukan dengan penyebaran LKPD kepada guru fisika di SMA N 1 Sokaraja Hasil dari penelitian ini adalah (1) dihasilkan LKPD dengan pendekatan saintifik yang layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X SMA N 1 Sokaraja pada materi usaha dan energi, berdasarkan hasil penilaian validator LKPD dengan persentase kesepakatan sebesar 85,71% (reliabel) dan berdasarkan respon peserta didik dengan persentase kelayakan mencapai 81% (sangat layak), (2) peningkatan hasil belajar aspek kognitif, afektif, dan psikomotor ditunjukkan dengan nilai standar gain <g> berturut-turut sebesar 0,73 (tinggi), 0,54 (sedang), dan 0,43 (sedang). Kata kunci: LKPD, Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar Peserta Didik, Usaha dan Energi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 24 Jul 2017 01:47
Last Modified: 30 Jan 2019 14:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50924

Actions (login required)

View Item View Item