PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA YANG DIBERI PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI SMK SILIWANGI AMS BANJARSARI KABUPATEN CIAMIS

Akbar Taufik, Roby and Wiyatmo, Yusman (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA YANG DIBERI PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI SMK SILIWANGI AMS BANJARSARI KABUPATEN CIAMIS. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_13302241010_Roby Akbar Taufik.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui perbedaan hasil belajar pada ranah kognitif antara siswa yang diberi model pembelajaran kooperatif NHT dengan siswa yang diberi model pembelajaran langsung pada materi pokok fluida statis di SMK Siliwangi AMS Banjarsari, dan manakah yang lebih baik antara model pembelajaran NHT dan model pembelajaran langsung, 2) mengetahui perbedaan hasil belajar pada ranah psikomotor antara siswa yang diberi model pembelajaran kooperatif NHT dengan siswa yang diberi model pembelajaran langsung pada materi pokok fluida statis di SMK Siliwangi AMS Banjarsari, dan manakah yang lebih baik antara model pembelajaran NHT dan model pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa pada 3 kelas X TKR di SMK Siliwangi AMS Banjarsari. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling dan diperoleh siswa kelas X TKR 2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X TKR 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini meliputi: soal pretest dan posttest, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), LKPD ranah kognitif, LKPD ranah psikomotor, dan Lembar Observasi Psikomotor (LOP). Analisis untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada ranah kognitif dan ranah psikomotor menggunakan Uji Mann-Whitney (U-test). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1) terdapat perbedaan hasil belajar pada ranah kognitif siswa di SMK Siliwangi AMS Banjarsari antara yang diberi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif NHT dengan yang diberi pembelajaran menggunakan model pembelajaran langsung pada materi pokok fluida statis, dengan hasil belajar pada ranah kognitif diperoleh lebih baik pada siswa yang diberi pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif NHT, dan model pembelajaran NHT lebih baik dibanding model pembelajaran langsung, dan 2) terdapat perbedaan hasil belajar pada ranah psikomotor siswa di SMK Siliwangi AMS Banjarsari antara yang diberi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif NHT dengan yang diberi pembelajaran menggunakan model pembelajaran langsung pada materi pokok fluida statis, dengan hasil belajar pada ranah psikomotor diperoleh lebih baik pada siswa yang diberi pembelajaran dengan model pembelajaran koopertaif NHT, dan model pembelajaran NHT lebih baik dibanding model pembelajaran langsung. Kata kunci: Number Head Together (NHT), pembelajaran langsung, hasil belajar, ranah kognitif, ranah psikomotor.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 24 Jul 2017 01:47
Last Modified: 24 Jul 2017 01:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50918

Actions (login required)

View Item View Item