LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD NEGERI GEMBONGAN

Febritya Dwi Romansyah, Febritya Dwi Romansyah (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD NEGERI GEMBONGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
FEBRITYA DWI R._POR_PGSD PENJAS_ 13604221049.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan dilaksanakan guna memberikan kesempatan kepada mahasiswa UNY untuk meningkatkan kemampuannya dalam bidang pendidikan. PPL ini dilaksanakan pada semester khusus tahun 2016, dari bulan Juli sampai September. Tujuan dari program PPL ini adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah, atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga yang terkait dengan proses pembelajaran, dan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolah, klub, atau lembaga pendidikan. Kegiatan yang dilakukan dalam PPL ini adalah mengajar di lapangan selama 2 bulan, dimulai dari tanggal dari tanggal 15 Juli - 15 September 2016. Sebelum kegiatan pembelajaran dilaksanakan di lapangan, praktikan menyusun perangkat pembelajaran, yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), media pembelajaran, beserta kelengkapan pembelajaran lainnya. Setelah itu melakukan evaluasi dan tindak lanjut pembelajaran. Selain kegiatan mengajar, mahasiswa PPL di SD Negeri Gembongan juga membantu administrasi sekolah, menjaga kantin dan menyeberangkan siswa saat berangkat sekolah dan pulang sekolah. Dari pelaksanaan kegiatan PPL, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan PPL dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi sebagai guru penjaskes, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengenal segala permasalahan di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, keterampilan, dan nilai sikap yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata di sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: PPL, SDN Gembongan, UNY
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Jul 2017 02:05
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50914

Actions (login required)

View Item View Item