LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 2 WATES BENDUNGAN, WATES, KULON PROGO 15 JULI – 15 SEPTEMBER 2016

Devy Darmayanti, Devy Darmayanti (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 2 WATES BENDUNGAN, WATES, KULON PROGO 15 JULI – 15 SEPTEMBER 2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER-LAMPIRAN (MERGED).pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu bentuk program untuk mahasiswa dalam bidang pendidikan dengan memberikan pelatihan dan pengalaman belajar yang berhubungan dengan masyarakat khususunya dunia sekolah/lembaga. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan dilaksanakan guna mengupayakan suatu keterampilan kependidikan yang diperoleh mahasiswa ketika di dunia kampus agar dikembangkan oleh mahasiswa dan diterapkan kepada siswa di sekolah. Adapun tujuannya adalah sebagai bekal untuk menjadi seorang pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dibutuhkan. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan dilakukan sesuai dengan kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa pendidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2016 bertempat di SMA Negeri 2 Wates dan mulai dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2016 sampai 15 September 2016 Dalam Praktik Pengalaman Lapangan, mahasiswa melakukan kegiatan mengajar baik yang bersifat terbimbing maupun yang bersifat mandiri. Mahasiswa menjalankan program mengajar minimal dengan delapan kali Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). program mengajar yang dilakukan bervariasi, yaitu menggunakan metode ceramah interaktif, tanya jawab, diskusi, permainan dan presentasi. Hasil dari kegiatan PPL yaitu praktik mengajar selama delapan kali atau 24 jam mengajar di satu kelas yaitu X IPS 2 dengan delapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan administrasi sekolah seperti perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), SMA Negeri 2 Wates, mahasiswa
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Jul 2017 07:41
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50896

Actions (login required)

View Item View Item