LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 2 WATES Jalan KHWahid Hasyim, Bendungan, Wates, Kulon Progo, DI Yogyakarta 15 JULI – 15 SEPTEMBER 2016

Triajeng Nur Amalia, Triajeng Nur Amalia (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 2 WATES Jalan KHWahid Hasyim, Bendungan, Wates, Kulon Progo, DI Yogyakarta 15 JULI – 15 SEPTEMBER 2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN _PPL TRIAJENG NUR AMALIA.pdf

Download (30MB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu bentuk program untuk mahasiswa di bidang pendidikan yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/pendidik/ tenaga kependidikan. Program ini merupakan mata kuliah dengan bobot 3 SKS yang harus dilaksanankan semua mahasiswa S-1 kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan dilakukan sesuai dengan kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2016 bertempat di SMA Negeri 2 Wates dan mulai dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2016 sampai 15 September 2016. Kegiatan PPL mencakup praktik mengajar dan praktik manajemen administrasi sekolah yangn diselenggarakan oleh pihak SMA Negeri 2 Wates. Praktik mengajar dilakukan di kelas dengan jumlah mengajar 7 kali pertemuan dan 1 kali Ulangan Harian. Sejak tanggal 15 Juli 2016, mahasiswa mulai melaksananakan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Mahasiswa melakukan kegiatan mengajar baik yang bersifat terbimbing maupun yang bersifat mandiri. Program mengajar dilakukan dengan metode yang bervariasi, yaitu menggunakan metode ceramah interaktif, tanya jawab, diskusi, permainan dan presentasi. Sebagai rumusan kegiatan pembelajaran, mahasiswa membuat RPP, bahan ajar, lembar penilaian dan media pembelajaran. . Hasil dari kegiatan PPL yaitu praktik mengajar selama 14 jam mengajar di kelas XI MIPA 2 dengan 7 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan 1 kali Ulangan Harian. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan administrasi sekolah seperti perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Mahasiswa PPL, UNY 2016, SMA Negeri 2 Wates
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Jul 2017 07:34
Last Modified: 01 Oct 2019 11:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50895

Actions (login required)

View Item View Item