LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 2 WATES Jalan KH Wahid Hasyim, Bendungan, Wates, Kulon Progo, DI Yogyakarta

Fatkhi Nur Khoiriyah, Fatkhi Nur Khoiriyah (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 2 WATES Jalan KH Wahid Hasyim, Bendungan, Wates, Kulon Progo, DI Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER-LAMPIRAN (MERGED).pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu kegiatan terpadu yang dalam pelaksanaannya dilaksanakan di sekolah-sekolah formal yang tersebar diberbagai wilayah sebagai bentuk pengembangan ketrampilan mahasiswa sebagai calon pendidik. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan dilaksanakan sebagai suatu sarana untuk mengupayakan ketrampilan kependidikan yang diperoleh mahasiswa ketika di dunia kampus agar dikembangkan oleh mahasiswa dan diterapkan kepada siswa di sekolah. Tujuan pelaksanaan PPL adalah sebagai bekal untuk menjadi seorang pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dibutuhkan. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 15 Juli 2016 sampai 15 September 2016 di SMA Negeri 2 Wates. Kegiatannya meliputi kegiatan praktik pembuatan dan pengembangan perangkat pembelajaran, praktik mengajar di kelas dan praktik persekolahan. Praktik mengajar di kelas bertujuan untuk memperoleh pengalaman mengajar bagi mahasiswa. Pada kesempatan ini praktikan sebagai pengajar mata pelajaran Biologi kelas X dengan materi Ruang Lingkup Biologi, melakukan pembelajaran di kelas X MIPA 2 dan X IPS 2. Kegiatan praktik mengajar di kelas mulai dilaksanakan pada tanggal 25 Juli 2016. Dalam Praktik Pengalaman Lapangan, mahasiswa melakukan kegiatan mengajar baik yang bersifat terbimbing maupun yang bersifat mandiri. Mahasiswa menjalankan program mengajar minimal dengan 8 kali mengajar. Program mengajar yang dilakukan bervariasi, yaitu menggunakan metode ceramah interaktif, tanya jawab, diskusi, observasi, demonstrasi eksperimen dan presentasi. Hasil dari kegiatan PPL yaitu praktik mengajar selama lima belas kali atau 42 jam mengajar di dua kelas yaitu X MIPA 2, dan X IPS 2 dengan 4 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Kegiatan belajar-mengajar SMA Negeri 2 Wates di laksanakan dengan mengimplementasikan kurikulum nasional untuk kelas X . Dari kegiatan praktik mengajar yang telah dilaksanakan, maka dapat didapatkan hasil bahwa siswa SMA Negeri2 Wates rata-rata mempunyai kesungguhan belajar yang baik dinilai dari hasil kegiatan belajar dan penilaian sikap pada setiap pembelajaran. Tentunya terwujudnya keberhasilan pembelajaran pada kegiatan belajar siswa ini berkat dukungan secara langsung maupun tidak langsung dari pihak sekolah yang telah berkerja sama secara professional. Berdasarkan hasil pelaksanaan program PPL yang telah praktikan lakukan dapat diambil kesimpulan bahwa program PPL di SMA Negeri 2 Wates berjalan dengan lancar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Praktik Pengalaman Lapangan, Pembelajaran, Sekolah
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Jul 2017 07:27
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50893

Actions (login required)

View Item View Item