KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 2 WATES 15 Agustus-15 SEPTEMBER 2016 Alamat: Jln. KH Wahid Hasyim, Bendungan, Wates, Kulon Progo

NINDA AYU PRASTIWI, NINDA AYU PRASTIWI (2016) KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 2 WATES 15 Agustus-15 SEPTEMBER 2016 Alamat: Jln. KH Wahid Hasyim, Bendungan, Wates, Kulon Progo. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER-LAMPIRAN (MERGED).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kegiatan PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) bertujuan untuk memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam bidang pendidikan teutama dalam hal kegiatan belajar-mengajar, manajemen kelas, memperluas atau mempersempit cakupan suatu materi yang akan diberikan di kelas, pengembangan softskill, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memcahkan masalah.. Kegiatan PPL dibagi menjadi empat tahap kegiatan, yaitu pembekalan, pelaksaaan kegiatan di lokasi, penyusunan laporan, dan evaluasi. Pembekalan PPL dilaksanakan tingkat fakultas pada tanggal 20 Juni 2016. Pelaksanaan PPL ini dimulai dari tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016 di SMA Negeri 2 Wates. Penyusunan laporan serta evaluasi program dilaksanakan pada pertengahan september disela-sela pelaksanaan PPL. Program PPL bersifat individu dan terdiri dari dua program, yaitu program utama dan program penunjang. Program utama adalah praktik mengajar di kelas. Dalam pelaksanaanya, praktik mengajar dibagi menjadi dua yakni mengajar mandiri dan mendampingi mengajar (team teaching). Program penunjang diantaranya adalah upacara bendera hari senin, piket mingguan, konsultasi dengan guru pembimbing lapangan perihal pembuatan RPP dan kegiatan belajar-mengajar di kelas, pembuatan media pembelajaran, pemberian jam tambahan, pembuatan RPP, pendampingan tonti, upacara peringatan 17 Agustus, dan penyusunan laporan. Secara umum, kegiatan PPL di SMA Negeri 2 Wates berjalan dengan baik dan lancar berkat adanya kerja sama dari berbagai pihak yakni mahasiswa dan pihak sekolah. Pelaksanaan program-program PPL diharapkan dapat bermanfaat bagi pihak sekolah serta khususnya mahasiswa sebagai wujud aplikasi ilmu dan softsklill sebagai pendidik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : PPL, SMA Negeri 2 Wates, pelaksanaan kegiatan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Jul 2017 07:23
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50892

Actions (login required)

View Item View Item