LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL ) SMA NEGERI 2 WATES Jalan K.H. Wahid Hasyim, Bendungan, Wates, Kabupaten Kulon Progo, D.I. Yogyakarta 15 Juli- 15 September 2016

NABILAH ROSA PUTRI, NABILAH ROSA PUTRI LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL ) SMA NEGERI 2 WATES Jalan K.H. Wahid Hasyim, Bendungan, Wates, Kabupaten Kulon Progo, D.I. Yogyakarta 15 Juli- 15 September 2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL NABILAH ROSA PUTRI_FMIPA_P.KIMIA_SMAN 2 WATES.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan atau PPL yang dilaksanakan di SMA Negeri 2 Wates berlokasi di Jalan KH. Wahid Hasyim, Bendungan, Wates, Kabupaten Kulon Progo. PPL adalah salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa di semua jurusan kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Tujuan dari program ini yakni untuk membekali mahasiswa agar memiliki kemampuan berupa keterampilan dalam bidang pembelajaran dan manajerial sekolah atau lembaga dan dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Kegiatan PPL dibagi menjadi empat tahap kegiatan, yaitu pembekalan, pelaksaaan kegiatan di lokasi, penyusunan laporan, dan evaluasi. Pelaksanaan PPL ini dimulai dari tanggal 18Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016 di SMA Negeri 2 Wates. Untuk program PPL individu yang dijalankan oleh penulis terdiri dari program utama dan program penunjang. Program utama diantaranya Praktik mengajar. Program penunjang diantaranya Upacara bendera hari senin, observasi, pengawasan PLS (Pengenalan Lingkungan Sekolah ), konsultasi, pembuatan media pembelajaran, pembuatan RPP, piket mingguan, piket mingguan, pendampingan tonti, upacara peringatan 17 Agustus, dan penyusunan laporan. Untuk praktik mengajar, penulis mengajar 6 kelas ( 4 kelas XI-MIPA dan 2 kelas X-MIPA ). Dari semua program yang PPL yang telah dilaksanakan, total j am yang telah dipenuhi oleh penulis adalah 289 jam. Secara umum, kegiatan PPL di SMA Negeri 2 Wates berjalan dengan baik dan lancar berkat adanya kerja sama dari elemen-elemen yang terkait antara mahasiswa dan pihak sekolah. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, belajar dan mengenal segala permasalahan di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran dan diharapkan pelaksanaan programprogram PPL dapat bermanfaat bagi pihak sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kegiatan, Mahasiswa, PPL, SMA N 2 Wates
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Jul 2017 07:02
Last Modified: 01 Oct 2019 12:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50889

Actions (login required)

View Item View Item