LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 2 WATES BENDUNGAN, WATES, KULON PROGO 15 JULI – 15 SEPTEMBER

Retno Wulandari, Retno Wulandari (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 2 WATES BENDUNGAN, WATES, KULON PROGO 15 JULI – 15 SEPTEMBER. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER-LAMPIRAN (MERGED).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pada tahun 2016 Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu kegiatan latihan kependidikan yang dilaksanakan mahasiswa yang mengambil program studi kependidikan. Dalam Praktik Pengalaman Lapangan diharapkan dapat menjadi bekal bagi mahasiswa sebagai salah satu cara pembentukan tenaga kependidikan profesional yang memiliki karakter, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang siap dalam memasuki dunia pendidikan kedepannya. PPL ini bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata dan langsung kepada mahasiswa sebagai calon pendidik, sehingga mahasiswa dapat menerapkan, mempersiapkan, dan mengembangkan kemampuannya sebagai pendidik. Kegiatan PPL ini dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk melaksanakan pembelajaran PPL langsung pada lingkungan sekolah. Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktik ini adalah SMA Negeri 2 Wates, yang dilaksanakan mulai dari tanggal 15 Juli 2016 sampai tanggal 15 September 2016. Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar di kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Pengajaran di kelas pada kegiatan PPL ini diharapkan dapat dilakukan minimal 8 kali pertemuan, namun mahasiswa dapat melakukan kegiatan pengajaran di kelas lebih dari 8 kali pertemuan. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas, antara lain demonstrasi, diskusi kelompok, penugasan, dan tanya jawab. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media, antara lain gambar, video, slide power point, beserta alat dan bahan yang digunakan dalam pembelajaran. Tidak ada kendalaberarti dalam proses PPL ini, dikarenakan bantuan dan kerjasama dari semua pihak yang terlibat dalam PPL. Dengan adanya kegiatan PPL ini, mahasiswa mendapat bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Kegiatan PPL ini dapat terlaksana dengan lancar dan sukses berkat kerjasama dan kerja keras semua pihak. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : PPL, SMA N 2 Wates , pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Jul 2017 06:47
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50887

Actions (login required)

View Item View Item