LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP N 2 PENGASIH

HAFIT, ALIF (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP N 2 PENGASIH. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ALIF HAFIT.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

PPL UNY di SMP N 2 Pengasih merupakan salah satu program kegiatan yang dilaksanakan oleh PP PPL dan PKL LPPMP UNY untuk mahasiswa UNY dalam penerapan pendidikan akademik yang diwujudkan dalam kegiatan langsung mahasiswa di lembaga pendidikan. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman yang dapat meningkatkan kedewasaan dan profesionalitas mahasiswa untuk memperbaharui dan mewujudkan tatanan kehidupan bermasyarakat khususnya dunia pendidikan yang lebih baik, Salah satunya adalah dengan pelaksanaan serangkaian program PPL UNY di SMP N 2 Pengasih tahun 2016 ini. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan mulai tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Sebelum mahasiswa diterjunkan dilapangan, ada serangkaian persiapan yang dilakukan guna mendukung terlaksananya program kerja PPL, antara lain: observasi, pembelajaran mikro, dan pembekalan ppl. Kemudian pelaksanaan kegiatan yang dilakukan mahasiswa selama ppl antara lain: Program pengadaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, dan Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang meliputi Bimbingan dengan Guru Pembimbing dan DPL PPL, Praktik Mengajar Terbimbing, Menerapkan Inovasi Pembelajaran, serta Pengembangan Media Pembelajaran. Hasil dan Manfaat yang diperoleh dari kegiatan PPL antara lain: (1) Menambah pengalaman mahasiswa tentang proses pembelajaran di sekolah, (2) Memperoleh pengalaman dalam mengatasi permasalahan pembelajaran dan pendidikan yang di sekolah, (3) Memperoleh pengalaman dan ketrampilan untuk melaksanakan pembelajarana di sekolah, dan (4) Kegiatan PPL dapat memberikan kegiatan nyata dari kondisi dan situasi lingkungan yang ada untuk menghadapi lingkungan kerja di masa mendatang. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan sarana yang paling tepat bagi mahasiswa jurusan kependidikan untuk bisa mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dibangku perkuliahan ke sekolah. PPL yang mempunyai kegiatan yang terkait dengan proses pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam pembelajaran, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pembelajaran, Pendidikan, Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), SMP N 2 Pengasih
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Jul 2017 03:43
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50864

Actions (login required)

View Item View Item