Pengembangan Multimedia Pembelajaran Disain Busana SMK pada Program Studi Keahlian Tata Busana

Hardani, Diyah Janu (2017) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Disain Busana SMK pada Program Studi Keahlian Tata Busana. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-diyah-janu-hardani-11702259043.swf

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) kelayakan produk multimedia pembelajaran disain busana pada kompetensi dasar dalam mendeskripsikan proporsi dan anatomi beberapa tipe tubuh manusia, dan (2) pengaruh penggunaan produk multimedia pembelajaran disain busana terhadap hasil belajar siswa. Langkah-langkah pada penelitian pengembangan ini mengadaptasi dan memodifikasi tiga model pengembangan Borg & Gall, Alessi & Trollip dan Dick & Carey. Disain pengembangan tersebut dikelompokkan atas empat prosedur pengembangan, meliputi: (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan, dan (4) evaluasi produk. Evaluasi guna pengembangan produk awal dilaksanakan secara terus menerus. Evaluasi produk awal pada uji alpha dilakukan oleh dua orang ahli materi dan dua orang ahli media. Subjek evaluasi uji beta terdiri dari seorang guru dan enam siswa. Subjek uji lapangan terdiri dari satu orang guru dan 25 siswa kelas XI Tata Busana SMK N 4 Sukoharjo. Penilaian kualitas produk yang dikembangkan dilihat dari aspek pembelajaran, isi, tampilan, dan pemrograman. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk multimedia memperoleh skor maksimal sebesar 5,00. Menurut penilaian ahli materi, produk tersebut termasuk dalam kategori “baik” dengan rerata skor sebesar 4,05, dan menurut penilian ahli media termasuk dalam kategori “baik” dengan rerata skor sebesar 4,08. Penilaian pengguna yaitu guru dan siswa pada uji lapangan termasuk pada kategori “sangat baik“, dengan rerata skor sebesar 4,41. Dari hasil penilaian berbagai aspek, multimedia pembelajaran yang dikembangkan dapat dinyatakan layak digunakan untuk media pembelajaran disain busana pada kompetensi dasar mendeskripsikan proporsi dan anatomi beberapa tipe tubuh manusia. Terjadi kenaikan hasil belajar siswa dari saat pretest dengan rerata nilai siswa sebesar 55,9 dan pada posttest rerata nilai siswa mencapai 83,1. Berdasarkan skor tersebut diperoleh n-gain sebesar 0,62, yang termasuk dalam kategori “sedang”, sehingga multimedia pembelajaran yang telah dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Tata Busana pada Kompetensi Dasar mendeskripsikan proporsi dan anatomi beberapa tipe tubuh manusia.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: teknologi pendidikan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2017 02:47
Last Modified: 29 Jan 2019 12:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50860

Actions (login required)

View Item View Item