PENGARUH LATIHAN VARIASI UMPAN TERHADAP KETERAMPILAN SEPAK SILA PADA SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAK TAKRAW DI SMP NEGERI 2 GODEAN

Septian, Mymo (2017) PENGARUH LATIHAN VARIASI UMPAN TERHADAP KETERAMPILAN SEPAK SILA PADA SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAK TAKRAW DI SMP NEGERI 2 GODEAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Ektrakurikuler sepak takraw yang diajarkan di SMP Negeri 2 Godean dengan teknik sepak silanya belum maksimal, perlu adanya model latihan dalam meningkatkan ketrampilan sepak sila sepak takraw. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan variasi umpan terhadap keterampilan teknik sepak sila pada siswa peserta ekstrakurikuler sepak takraw di SMP Negeri 2 Godean. Penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen atau eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest and posttest design. Subjek penelitian adalah siswa peserta ekstrakurikuler sepak takraw di SMP Negeri 2 Godean yang berjumlah 10 peserta. Uji coba di PSTI SMP Sleman dengan validitas 0,824, reliabilitas instrumen 0,898. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan sepak sila dari Husni Thamrin. Teknik analisis data menggunakan uji t (paired sample t test) pada taraf signifikan 5 %. Hasil penelitian diperoleh nilai t hitung (8,125) > t tabel (2,262), dan nilai p (0,000) < dari 0,05, hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih besar dari pada t tabel. Dengan demikian dapat disimpulkan ada pengaruh latihan variasi umpan terhadap keterampilan sepak sila pada siswa peserta ekstrakurikuler sepak takraw di SMP Negeri 2 Godean.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengaruh, latihan variasi umpan, keterampilan sepak sila
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 21 Jul 2017 02:36
Last Modified: 30 Jan 2019 14:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50858

Actions (login required)

View Item View Item