PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK BATANG MIMBA (Azadirachta indica A. Juss) SEBAGAI PESTISIDA NABATI HAMA Spodoptera litura PADA TANAMAN CABAI MERAH (Capsicum annuum (L.))

Rahmawati, Rahmawati (2017) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK BATANG MIMBA (Azadirachta indica A. Juss) SEBAGAI PESTISIDA NABATI HAMA Spodoptera litura PADA TANAMAN CABAI MERAH (Capsicum annuum (L.)). S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (604kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (818kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dosis optimal ekstrak batang mimba (Azadirachta indica A. Juss) sebagai pestisida nabati hama Spodoptera litura pada tanaman cabai merah (Capsicum annuum (L.)), persentase mortalitas hama Spodoptera litura, pemendekan fase larva Spodoptera litura menjadi pupa, ada tidaknya pengaruh terhadap morfologi dan tingkat kerusakan tanaman cabai merah (Capsicum annuum (L.)) dan berat basah tanaman cabai merah (Capsicum annuum (L.)) setelah pemberian ekstrak batang mimba (Azadirachta indica A.Juss). Jenis Penelitian ini adalah Rancangan Eksperimen dengan 5 variasi dosis dan 5 kali pengulangan. Obyek penelitian ini adalah 125 ekor larva Spodoptera litura instar III yang dikumpulkan dari Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas) Malang, Jawa Timur. Ekstrak batang mimba (Azadirachta indica A. Juss) dibuat dari 100 gram batang mimba segar yang ditumbuk dan dihaluskan dengan diblender, dicampur dengan 200 ml air dan 1 ml alkohol 90% lalu di saring dan diendapkan selama 24 jam. Starter ekstrak batang mimba (Azadirachta indica A. Juss) dibagi menjadi 5 variasi dosis yaitu 0%, 17,5%, 20%, 22,5% dan pestisida sintetis. Penginfeksian hama dilakukan pada tanaman cabai merah yang berumur 35 hari setelah tanam (HST) di green house kebun biologi FMIPA UNY. Selanjutnya pada setiap tanaman cabai merah diinfeksikan masing-masing 5 ekor larva Spodoptera litura, penghitungan mortalitas larva dilakukan satu hari setelah penyemprotan pestisida nabati ekstrak batang mimba. Hasil uji normalitas dan uji homogenitas pada mortalitas larva Spodoptera litura yaitu nilai signifikansi 0,325 (p>0,050) artinya data yang didapatkan berdistribusi normal dan datanya homogen, selanjutnya hasil uji statistik Oneway Anova diperoleh p=0,000 sehingga (p<0,050) artinya ada perbedaan yang nyata atau bermakna yaitu ekstrak batang mimba Azadirachta indica mengakibatkan mortalitas hama Spodoptera litura. Ekstrak batang mimba Azadirachta indica pada konsentrasi dosis 22,5% adalah dosis yang paling efektif mengakibatkan kematian larva. Hasil uji statistik Oneway Anova menunjukkan perbedaan yang nyata terhadap pemendekan fase larva Spodoptera litura menjadi pupa namun tidak berpengaruh terhadap morfologi dan berat basah tanaman cabai merah (Capsicum annuum (L.)). Kata kunci: Ekstrak batang mimba Azadirachta indica A. Juss, Spodoptera litura

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 24 Jul 2017 01:45
Last Modified: 30 Jan 2019 14:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50848

Actions (login required)

View Item View Item