PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL LEARNING CYCLE 5E TERHADAP PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMK N 2 YOGYAKARTA

Indah Devitasari, Puspa and Supahar, Supahar (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL LEARNING CYCLE 5E TERHADAP PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMK N 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL LEARNING CYCLE 5E TERHADAP PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMK N 2~1.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran fisika model learning cycle 5E terhadap minat belajar dan hasil belajar ranah kognitif serta mengetahui keefektifan model tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen pada peserta didik di SMK N 2 Yogyakarta dengan populasi 576 peserta didik yang terdistribusi merata pada 18 kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas XI TGB 1, kelas XI TGB 2, dan kelas TGB 3. Kelas eksperimen diberi pembelajaran model learning cycle 5E dan kelas kontrol diberi pembelajaran model konvensional, seperti yang biasa dilaksanakan di sekolah berupa ceramah dan demonstrasi. Penelitian dilakukan di SMK N 2 Yogyakarta semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes, angket, dan lembar observasi. Penelitian ini menggunakan analisis MANOVA, Post Hoc dan General Linear Model–mixed design untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E terhadap peningkatan minat belajar dan hasil belajar ranah kognitif pembelajaran fisika peserta didik 2) model pembelajaran fisika learning cycle 5E tidak lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional ditinjau dari peningkatan minat belajar. 3) Model pembelajaran fisika learning cycle 5E lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional ditinjau dari peningkatan hasil belajar ranah kognitif. Kata kunci:;learning cycle 5E, hasil belajar,minat belajar, pembelajaran fisika SMK

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 20 Jul 2017 02:49
Last Modified: 30 Jan 2019 14:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50830

Actions (login required)

View Item View Item