PERBEDAAN MINAT DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DAN MEDIA CETAK PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 SEWON

Retno Kusumaningrum, Dian and Jumadi, Jumadi (2017) PERBEDAAN MINAT DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DAN MEDIA CETAK PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 SEWON. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan minat belajar dan hasil belajar fisika aspek kognitif antara pembelajaran menggunakan media video dan media cetak, (2) Perbedaan pengaruh media pembelajaran video dan media cetak dalam meningkatkan minat belajar fisika, dan (3) Perbedaan pengaruh media pembelajaran video dan media cetak dalam meningkatkan hasil belajar fisika aspek kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen semu dengan desain pretest-postest control group design. Populasi penelitian ini adalah kelas X MIA dengan kategori rendah. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan cluster random sampling, sehingga diperoleh kelas X MIA 4 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIA 5 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan angket minat (angket awal dan angket akhir) dan tes (pretest dan postest). Teknik pengujian instrumen menggunakan program ITEMAN dan teknik pengujian prasyarat analisis menggunakan uji Normalitas dan Homogenitas. Teknik pengujian hipotesis menggunakan uji Manova dan Anava General Linear Model Mixed Design. Hasil Penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat perbedaan minat dan hasil belajar aspek kognitif antara pembelajaran fisika menggunakan media audio visual video dengan media cetak, (2) Terdapat pengaruh media audio visual video dengan media cetak dalam meningkatkan minat belajar fisika. Minat belajar peserta didik dalam pembelajaran berbantu media audio visual video lebih tinggi dari pada pembelajaran berbantu media cetak. (3) Terdapat pengaruh media audio visual video dengan media cetak dalam meningkatkan hasil belajar fisika aspek kognitif. Hasil belajar aspek kognitif peserta didik dalam pembelajaran berbantu media audio visual video lebih tinggi dari pada pembelajaran berbantu media cetak. Kata Kunci : Media Video, Media Cetak, Minat Belajar, Hasil Belajar Aspek Kognitif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 20 Jul 2017 02:50
Last Modified: 30 Jan 2019 14:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50829

Actions (login required)

View Item View Item