Fikri Mulyani, Hana and Istiyono, Edi (2017) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
SKRIPSI FULL.pdf Download (32MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menyelidiki pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Active Learning tipe Card Sort, Cooperative Learning tipe Jigsaw, dan Direct Instruction tipe konvensional terhadap hasil belajar kognitif serta (2) mengetahui strategi pembelajaran yang paling baik untuk meningkatkan hasil belajar kognitif di antara strategi Active Learning tipe Card Sort, Cooperative Learning tipe Jigsaw, dan Direct Instruction tipe konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian Quasi-Experimental Design. Populasi adalah peserta didik kelas X semester II SMA Negeri 1 Bumiayu tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster sampling yang terdiri atas 33 peserta didik kelas X.1 sebagai kelas ekperimen 1, 33 peserta didik kelas X.2 sebagai kelas eksperimen 2, dan 33 peserta didik kelas X.3 sebagai kelas eksperimen 3. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes (pretest dan posttest). Validasi instrumen menggunakan program analisis butir ITEMAN dan teknik pengujian prasyarat analisis menggunakan uji Normalitas dan uji Homogenitas, sedangkan teknik pengujian hipotesis menggunakan uji General Linear Model Mixed Design. Hasil penelitian menunjukkan (1) ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara penggunaan strategi pembelajaran Active Learning tipe Card Sort, Cooperative Learning tipe Jigsaw, dan Direct Instruction tipe konvensional terhadap hasil belajar kognitif (p = 0,006) serta (2) strategi pembelajaran Active Learning tipe Card Sort merupakan strategi pembelajaran yang paling baik digunakan dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik, disusul straegi Direct Instruction Tipe Konvensinal dan strategi Cooperative Learning Tipe Jigsaw Kata Kunci : Active Learning, Cooperative Learning, Card Sort, Jigsaw, Direct Instruction, dan Hasil Belajar Kognitif Fisika
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Admin Fisika FMIPA |
Date Deposited: | 20 Jul 2017 02:50 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 14:30 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50827 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |