Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Materi Aljabar Siswa SMP Kelas VIII dengan Penemuan Terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis.

Suparsih, Suparsih (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Materi Aljabar Siswa SMP Kelas VIII dengan Penemuan Terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-suparsih-12709259033.swf

Download (60MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan langkah pengembangan perangkat pembelajaran dengan penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis serta mendeskripsikan kualitas hasil pengembangan perangkat tersebut. Kualitas hasil pengembangan ditentukan berdasarkan pada kriteria dari Nieveen, yaitu valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini diadaptasi dari model pengembangan Walter Dick & Lou Carey yang terdiri dari tahap define, design, dan develop. Uji coba dilakukan tiga tahap yaitu (1) uji coba/validasi ahli; (2) uji coba skala kecil; dan (3) uji coba skala besar/uji coba lapangan. Uji coba lapangan dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian guru terhadap perangkat pembelajaran, lembar penilaian siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes hasil belajar untuk kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis. Analisis data kevalidan dan analisis data kepraktisan masing-masing dilakukan dengan cara mengkonversi data kuantitatif berupa skor hasil penilaian menjadi data kualitatif berupa nilai standar skala lima. Analisis data keefektifan tes ketercapaian kompetensi dilakukan dengan cara menentukan persentase ketuntasan minimal, sedangkan analisis tes kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis ditentukan peningkatannya. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran yang terdiri dari 4 RPP, 4Lembar kerja Siswa (LKS), dan tes hasil belajar pada kompetensi aljabar. Masing-masing komponen perangkat pembelajaran aljabar memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, perangkat pembelajaran, penemuan terbimbing, berpikir kritis, komunikasi matematis.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jul 2017 03:59
Last Modified: 09 May 2019 08:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50824

Actions (login required)

View Item View Item