Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tenis Lapangan Berbasis Android pada Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di SMA.

Laksono, Hutomo Adhadi (2017) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tenis Lapangan Berbasis Android pada Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-hutomo-adhadi-laksono-13711251003.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media pembelajaran tenis lapangan berbasis android pada pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMA yang memenuhi unsur kelayakan, dan (2) mengungkapkan efektivitas media pembelajaran berbasis android yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini dilakukan dalam enam tahap yang mengacu pada langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall, yaitu meliputi: (1) analisis kebutuhan, (2) perencanaan pengembangan produk, (3) pengembangan produk, (4) uji coba produk, (5) produk akhir, dan (6) diseminasi dan implementasi.Subjek uji coba adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Purworejo. Subjek uji coba kelompok kecil sebanyak 15 peserta didik dan subjek uji coba lapangan sebanyak 30 peserta didik.Uji coba produk meliputi uji coba ahli materi, ahli media, dan uji coba kelompok kecil serta uji coba lapangan oleh peserta didik. Data diperoleh melalui observasi, angket, wawancara, dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk media pembelajaran tenis lapangan berbasis android pada pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMA memiliki tingkat kelayakan yang baik. Tingkat kelayakan produk berdasarkan validasi ahli materi rata-rata sebesar 4,46 (sangat baik), validasi ahli media sebesar 4,27 (sangat baik), uji coba kelompok kecil sebesar 4,21 (baik), uji coba lapangan sebesar 4,44 (sangat baik). Selain itu, produk media yang dikembangkan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Hal tersebut dibuktikan oleh hasil pretest dan posttest. Pada uji coba lapangan hasil tes menunjukkan bahwa peserta didik mampu meningkatkan nilai rata-rata hasil belajar dari 60,43 menjadi 84,23 dengan nilai p < 0,005, sehingga terdapat kenaikan yang signifikan dengan p = 0,000.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, tenis lapangan, pembelajaran berbasis android
Subjects: Olahraga
Divisions: Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jul 2017 03:15
Last Modified: 09 May 2019 08:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50822

Actions (login required)

View Item View Item