PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGETAHUAN DASAR TEKNIK MESIN DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA

Dionysius, Arya Yudha (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGETAHUAN DASAR TEKNIK MESIN DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran visual ditawarkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMK PIRI 1 Yogyakarta dalam mata pelajaran Pengetahuan Dasar Teknik Mesin. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui seberapa besar hasil belajar pada mata pelajaran Pengetahuan Dasar Teknik Mesin siswa Kelas X di SMK PIRI 1 Yogyakarta yang mengikuti pembelajaran menggunakan media visual dan yang menggunakan media konvensional, (2) mengetahui pengaruh hasil pembelajaran siswa Kelas X pada mata pelajaran Pengetahuan Dasar Teknik Mesin di SMK PIRI 1 Yogyakarta yang menggunakan media visual dibandingkan dengan yang menggunakan media konvensional. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuasi eksperimen dengan pretest-postest control group design. Variabel dalam penelitian ini adalah media konvensional (X1) dan media visual (X2) sebagai variabel bebas, hasil belajar mata pelajaran Pengetahuan Dasar Teknik Mesin (Y) sebagai variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Teknik Pemesinan SMK PIRI 1 Yogyakarta yang berjumlah 26 siswa. Metode pemilihan sampel yang digunakan adalah menggunakan teknik systematic sampling yaitu teknik pembagiannya menggunakan nomor presensi siswa, nomor urut ganjil menjadi kelas kontrol dan nomor urut genap menjadi kelas eksperimen, yang masing-masing berjumlah 13 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar tes dan teknik analisis data yang digunakan adalah pengujian hipotesis menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian ini adalah (1) bahwa hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan media visual lebih tinggi daripada kelas kontrol yang menggunakan media konvensional. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran dengan media visual lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran dengan media konvensional. (2) ada pengaruh pembelajaran menggunakan media visual terhadap hasil belajar siswa pada pada mata pelajaran Pengetahuan Dasar Teknik Mesin di SMK PIRI 1 Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran berupa media visual lebih tinggi daripada kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran berupa media konvensional, dan dari uji hipotesis yang menggunakan perhitungan Independent Sample t-test membuktikan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media visual dengan media konvensional di SMK PIRI 1 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 20 Jul 2017 02:43
Last Modified: 30 Jan 2019 14:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50821

Actions (login required)

View Item View Item