PENINGKATAN PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMBUATAN SAKU PASSEPOILLE DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CHART PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA

Faridatul, Anisah (2017) PENINGKATAN PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMBUATAN SAKU PASSEPOILLE DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CHART PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (36MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran pembuatan saku passepoille dengan menggunakan media chart pada siswa kelas X SMK N 4 Yogyakarta (2) mengetahui peningkatan pencapaian kompetensi pembuatan saku passepoille dengan menggunakan media chart pada siswa kelas X SMK N 4 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan model spiral Kemmis dan Mc.Taggart dengan siklus yang meliputi tahap perencanaan, tindakan & pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMK N 4 Yogyakarta dengan subjek penelitian kelas X Busana Butik 4 yang berjumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen yang terdiri dari: lembar observasi pelaksanaan pembelajaran dan tes pencapaian kompetensi. Validitas instrument menggunakan validitas isi dengan judgement expert, dan instrumen lembar observasi pelaksanaan pembelajaran dan tes pencapaian kompetensi dinyatakan valid oleh validator. Reliabilitas instrumen menggunakan rumus penghitungan Cronbach Alpha dan antar rater, dimana hasil penghitungan Cronbach Alpha digunakan untuk reabilitas tes pencapaian kompetensi dengan hasil test kognitif adalah 0,827, test afektif 0,744, dan test psikomotor 0,938 yang artinya instrumen telah reliabel, sedangkan untuk instrumen pelaksananaan pembelajaran diuji dengan teknik antar rater menggunakan Procentage Of Agreement dan hasilnya 100% rater menyatakan bahwa instrumen reliabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan pembelajaran pembuatan saku passepoille dengan menggunakan media chart dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari tiga tahapan pembelajaran yaitu pembukaan, kegiatan inti dan penutup. (2) Peningkatan kompetensi pembuatan saku passepoille pada pra siklus menunjukkan ada 7 siswa (23,3%) yang mencapai KKM dengan rata-rata nilai 71,57 dan meningkat pada siklus pertama dimana terdapat 21 siswa (70%) yang mencapai KKM dengan rata-rata 77,49, dan pada siklus kedua siswa yang mencapai KKM sebanyak 30 siswa (100%) dengan rata-rata nilai 84,74. Hal ini membuktikan bahwa media chart dapat meningkatkan pencapaian kompetensi pembuatan saku passepoille siswa kelas X SMK Negeri 4 Yogyakarta. Kata kunci: Pelaksanaan Pembelajaran, Pembuatan Saku Passepoille,Media Chart

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 20 Jul 2017 02:44
Last Modified: 30 Jan 2019 14:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50820

Actions (login required)

View Item View Item