TINGKAT KESEGARAN JASMANI SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER ATLETIK DI SMP N 1 TANJUNGSARI GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2016/2017

Winartiningsih, Anes (2017) TINGKAT KESEGARAN JASMANI SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER ATLETIK DI SMP N 1 TANJUNGSARI GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi anes fiks.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih belum diketahui tingkat kesegaran jasmani siswa yang mengikuti ektrakurikuler atletik di SMP N 1 Tanjungsari Gunungkidul. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat kesegaran jasmani siswa yang mengikuti ekstrakurikuler atletik di SMP N 1 Tanjungsari Gunungkidul. Manfaat penelitian terkait dengan keadaan fisik dan kebugaran siswa. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi dasar evaluasi program latihan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survei. Pengambilan data menggunakan instrumen Tes Kesegaran Jasmani Indonesia Tahun 2010 untuk usia 13-15 tahun. Validitas instrument berdasarkan Kemendiknas (2010: 3) yaitu putra 0,720 dan putri 0,673. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebugaran jasmani 2 siswa (9,25%) masuk kategori baik, 16 siswa (76,19%) masuk kategori sedang, dan 3 siswa (14,29%) masuk kategori kurang. Kesegaran jasmani dipengaruhi oleh 3 faktor, yaitu: (1) makanan; (2) aktivitas fisik; dan (3) siswa. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat kesegaran jasmani siswa yang mengikuti ekstrakurikuler atletik SMP N 1 Tanjungsari Gunungkidul tahun ajaran 2016/2017 masuk kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kesegaran Jasmani, Atletik
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 20 Jul 2017 02:47
Last Modified: 30 Jan 2019 14:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50816

Actions (login required)

View Item View Item