Keefektifan Strategi KWL-PLUS dan Strategi DRTA dalam Pembelajaran Membaca Intensif pada Siswa MTs Negri di Kabupaten Pangandaran.

Rakhman, Imam Taufik Nur (2017) Keefektifan Strategi KWL-PLUS dan Strategi DRTA dalam Pembelajaran Membaca Intensif pada Siswa MTs Negri di Kabupaten Pangandaran. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-imam-taufik-nur-rakhman-14715251026.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan (1) keefektifan strategi KWL-PLUS terhadap keterampilan membaca intensif, (2) keefektifan strategi DRTA terhadap keterampilan membaca intensif, dan (3) strategi yang paling efektif di antara KWL-PLUS, strategi DRTA, dan strategi konvensional. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen kuasi dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling untuk menentukan sampel kelas. Berdasarkan teknik tersebut diperoleh MTs Negri 2 Pangandaran sebagai sampel sekolah, kelas VIII E sebagai kelompok kontrol, kelas VIII A sebagai eksperimen 1, dan kelas VIII B sebagai kelompok eksperimen 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Validitas yang digunakan adalah validitas is dan validitas konstruk. Validitas isi dikonsultasikan kepada ahlinya dan validitas konstruk dianalisis menggunakan korelasi product moment. Reliabilitas instrumen dianalisis menggunakan teknik KR-20. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji analisis varian satu jalan yang dilanjutkan uji Scheffe dengan tarap kesalahan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Strategi KWL-PLUS lebih efektif daripada strategi DRTA berdasarkan hasil uji Scheffe (DRTA dan KWL-PLUS), diperoleh mean difference 3,94231 dan signifikan dengan p 0,003 (p <0,05). (2) Strategi DRTA lebih efektif daripada strategi konvensional berdasarkan uji Scheffe (DRTA dan konvensional),dengan mean difference 4,80769 dan signifikan p 0,000 (p <0,05). (3) Strategi KWL-PLUS lebih efektif daripada strategi konvensional berdasarkan uji Scheffe (KWL-PLUS dan konvensional), dengan mean difference 4,80769 dan signifikan p 0,000 (p <0,05).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: strategi KWL-PLUS, strategi DRTA, membaca intensif
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Jul 2017 08:22
Last Modified: 09 May 2019 08:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50809

Actions (login required)

View Item View Item