EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN DALAM PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN MUTU BERSTANDAR ISO 9001:2008 DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Restu, Gustama (2017) EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN DALAM PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN MUTU BERSTANDAR ISO 9001:2008 DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI+BOOKMARK.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui penerapan sistem manajemen mutu berstandar ISO 9001:2008 dengan model countenance stake, (2) mengetahui tingkat kepuasan pelanggan di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, (3) faktor-faktor pendukung tingkat kepuasan pelanggan dalam penerapan sistem manajemen mutu berstandar ISO 9001:2008 di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, (4) faktor-faktor penghambat tingkat kepuasan pelanggan dalam penerapan sistem manajemen mutu berstandar ISO 9001:2008 di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model countenance stake yang terdiri dari tiga aspek yaitu antecendents, transactions, outcomes. Subjek penelitian ini diambil sampel dari siswa 42 orang responden dan guru diambil sampel 30 orang responden. Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Validitas dilakukan dengan analisis butir. Uji reliabilitas menggunakan formula Spearman Brown. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif melalui analisis rata-rata yang dinilai berdasarkan rentang skor disertai analisis deskriptif kualitatif melalui wawancara terhadap responden. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) penerapan sistem manajemen mutu berstandar ISO 9001:2008 dikategorikan tinggi dengan nilai 3,03 dari nilai tertinggi 4,00, (2) tingkat kepuasan pelanggan dalam penerapan sistem manajemen mutu berstandar ISO 9001:2008 dikategorikan tinggi dengan nilai 3,14 dari nilai tertinggi 4,00, (3) faktor-faktor pendukung tingkat kepuasan pelanggan dalam penerapan sistem manajemen mutu berstandar ISO 9001:2008 di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta adalah pengelolaan sumber daya disertai komitmen manajemen, (4) faktor-faktor penghambat tingkat kepuasan pelanggan dalam penerapan sistem manajemen mutu berstandar mutu ISO 9001:2008 di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta adalah tentang kurangnya tingkat pemahaman tentang ISO dan minat belajar tergantung gaya mengajar guru. Kata kunci: evaluasi, sistem manajemen mutu, kepuasan pelanggan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 19 Jul 2017 01:39
Last Modified: 30 Jan 2019 14:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50808

Actions (login required)

View Item View Item