Penerapan Model Pembelajaran Learning Starts With A Question Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Teori Mata Pelajaran Kelistrikan Bodi Kendaraan Siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan Smk Negeri 1 Sedayu Tahun Ajaran 2016/2017

Agung, Supriyanto (2017) Penerapan Model Pembelajaran Learning Starts With A Question Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Teori Mata Pelajaran Kelistrikan Bodi Kendaraan Siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan Smk Negeri 1 Sedayu Tahun Ajaran 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Agung Supriyanto_13504244009.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran learning start with a question pada teori mata pelajaran kelistrikan bodi kendaraan siswa kelas XI TKRC di SMKN 1 Sedayu tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan menerapkan pembelajaran aktif model learning start with a question. Penelitian ini terdiri dari beberapa siklus yang setiap siklus ada 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan tahap refleksi. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XI TKRC SMKN 1 Sedayu dengan jumlah 30 siswa. Kelas ini dipilih sebagai objek penelitian karena dari hasil observasi di dapat data bahwa kelas XITKRC tingkat keaktifan dan hasil belajar lebih rendah dibanding kelas A dan B. Pengambilan data keaktifan menggunakan lembar observasi dan data hasil belajar menggunakan tes soal. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan teknik statistik tendensi central. Silklus dihentikan jika indikator keberhasilan telah tercapai. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pengunaan model belajar learning start with a question dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI TKRC pada teori mata pelajaran kelistrikan bodi di SMKN 1 Sedayu. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan keaktifan belajar siswa yang presentase pada siklus I sebesar 49.2% meningkat pada siklus II menjadi 61.6% dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 70.7%. Selain itu, model pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada tes tindakan siklus I siswa yang tuntas mencapai 45%, siklus II meningkat menjadi 83%, dan meningkat mencapai 100% pada siklus III. Sehingga dapat disimpulkan jika penerapan model tersebut

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Otomotif > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT UNY
Date Deposited: 19 Jul 2017 01:37
Last Modified: 19 Jul 2017 01:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50801

Actions (login required)

View Item View Item